Song as Media in Obtaining Input and Improving Listening Comprehension Skill on Students of Education of Bahasa Indonesia Study Pogram

Astarini, SeptianDwi (2013) Song as Media in Obtaining Input and Improving Listening Comprehension Skill on Students of Education of Bahasa Indonesia Study Pogram. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa Inggris adalah bahasa yang memiliki fungsi untuk berkomunikasi bagi manusia di dunia. Bahasa bisa didapat dengan perolehan secara alami dan belajar. Di Indonesia, bahasa Inggris dikategorikan sebagai bahasa asing sehingga masyarakat perlu belajar untuk memahaminya. Belajar bahasa dapat menggunakan beberapa materi, misalnya lagu. Penulis melakukan penelitian tentang pembelajaran bahasa yang berkaitan dengan input, berupa kosa kata dan makna, dari lagu. Ada dua masalah yang telah dianalisis oleh penulis, yaitu: (1) Pembuktian positif dan negatif dari kata-kata, frase atau kalimat apa yang peserta dapat setelah mendengarkan lagu-lagu dan (2) Sejauh mana peserta memahami makna dari lagu tersebut dengan menceritakan kembali isi lagu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena penulis akan mendeskripsikan hasil tes. Selain itu, studi kasus dilibatkan karena peserta berada di bawah satu institusi, yaitu Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya. Ada tiga peserta yang terlibat dalam penelitian ini. Penelitian ini mengungkapkan bahwa setiap peserta memiliki hasil yang berbeda untuk mendapatkan bukti positif dan negatif dari kosakata dan menafsirkan makna. Hasil dari pememerolehan bukti positif dari kosakata menunjukkan bahwa, untuk lagu I, peserta I memperoleh 9 bukti positif dan negatif 3 bukti, peserta II mengumpulkan 5 bukti positif dan 1 bukti negatif, dan peserta III mencapai 13 bukti positif dan 2 bukti negatif. Selanjutnya, untuk lagu II, peserta I mengumpulkan 19 bukti positif dan 10 negatif bukti, peserta II menemukan 13 bukti positif dan 6 bukti negatif dan peserta III mendapat 28 bukti positif dan I bukti negatif. Dari segi makna, peserta I punya interpretasi yang tidak begitu dekat dengan makna asli, peserta II memiliki penafsiran yang dekat makna asli untuk lagu I sementara peserta III memiliki interpretasi mendekati makna aslinya untuk lagu II. Singkatnya, peserta terakhir menunjukkan bahwa ia memiliki jumlah tertinggi dalam pengumpulan bukti-bukti positif dan memiliki arti lebih dekat dengan makna asli untuk lagu II sedangkan arti dari lagu I dekat dengan jawaban peserta II Penulis menyarankan peneliti selanjutnya yang ingin meneliti penggunaan media sebagai materi belajar bahasa untuk menggunakan peserta dari jenis usia yang berbeda dan apa yang akan diteliti dari lagu. Penggunaan media lainnya juga disarankan bagi peneliti yang ingin meneliti lebih dalam tentang input.

English Abstract

Bahasa Inggris adalah bahasa yang memiliki fungsi untuk berkomunikasi bagi manusia di dunia. Bahasa bisa didapat dengan perolehan secara alami dan belajar. Di Indonesia, bahasa Inggris dikategorikan sebagai bahasa asing sehingga masyarakat perlu belajar untuk memahaminya. Belajar bahasa dapat menggunakan beberapa materi, misalnya lagu. Penulis melakukan penelitian tentang pembelajaran bahasa yang berkaitan dengan input, berupa kosa kata dan makna, dari lagu. Ada dua masalah yang telah dianalisis oleh penulis, yaitu: (1) Pembuktian positif dan negatif dari kata-kata, frase atau kalimat apa yang peserta dapat setelah mendengarkan lagu-lagu dan (2) Sejauh mana peserta memahami makna dari lagu tersebut dengan menceritakan kembali isi lagu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena penulis akan mendeskripsikan hasil tes. Selain itu, studi kasus dilibatkan karena peserta berada di bawah satu institusi, yaitu Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya. Ada tiga peserta yang terlibat dalam penelitian ini. Penelitian ini mengungkapkan bahwa setiap peserta memiliki hasil yang berbeda untuk mendapatkan bukti positif dan negatif dari kosakata dan menafsirkan makna. Hasil dari pememerolehan bukti positif dari kosakata menunjukkan bahwa, untuk lagu I, peserta I memperoleh 9 bukti positif dan negatif 3 bukti, peserta II mengumpulkan 5 bukti positif dan 1 bukti negatif, dan peserta III mencapai 13 bukti positif dan 2 bukti negatif. Selanjutnya, untuk lagu II, peserta I mengumpulkan 19 bukti positif dan 10 negatif bukti, peserta II menemukan 13 bukti positif dan 6 bukti negatif dan peserta III mendapat 28 bukti positif dan I bukti negatif. Dari segi makna, peserta I punya interpretasi yang tidak begitu dekat dengan makna asli, peserta II memiliki penafsiran yang dekat makna asli untuk lagu I sementara peserta III memiliki interpretasi mendekati makna aslinya untuk lagu II. Singkatnya, peserta terakhir menunjukkan bahwa ia memiliki jumlah tertinggi dalam pengumpulan bukti-bukti positif dan memiliki arti lebih dekat dengan makna asli untuk lagu II sedangkan arti dari lagu I dekat dengan jawaban peserta II Penulis menyarankan peneliti selanjutnya yang ingin meneliti penggunaan media sebagai materi belajar bahasa untuk menggunakan peserta dari jenis usia yang berbeda dan apa yang akan diteliti dari lagu. Penggunaan media lainnya juga disarankan bagi peneliti yang ingin meneliti lebih dalam tentang input.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2013/185/051307977
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 12 Sep 2013 10:12
Last Modified: 18 Oct 2021 05:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100646
[thumbnail of CHAPTER_I-APPENDICES.pdf]
Preview
Text
CHAPTER_I-APPENDICES.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of DECLARATION_OF_AUTHORSHIP.pdf]
Preview
Text
DECLARATION_OF_AUTHORSHIP.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item