Kafitasari, Intan (2013) A Semiotic Study on Indonesian Drama Movie Posters under Religion Difference Theme. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sekarang ini, banyak film drama yang dibuat berdasarkan fenomena sosial. Cerita film diringkas dalam bentuk poster untuk mengiklankan film tersebut. Sehingga didalam poster terdapat informasi baik berupa elemen verbal maupun visual yang disebut sebagai tanda. Pada penelitian ini, penulis memilih poster film Cin(T)a (2009), 3 Hati Dua Dunia Satu Cinta (2010), “?” (2011) dan Cinta Tapi Beda (2012) dimana film-film tersebut mengangkat tema yang sama yaitu perbedaan agama. Kemudian, penulis menganalisis poster tersebut dengan menggunakan kajian semiotik. Penelitian ini memiliki tiga permasalahan yaitu: (1) Tanda apa saja yang dapat ditemukan dalam poster-poster film drama Indonesia; (2) Makna konotatif apa yang dibuat dalam poster-poster film drama: dan (3) Bagaimana perbandingan poster-poster film drama tersebut dalam hal kejelasan tanda-tanda yang merefleksikan perbedaan agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode analisis dokumen untuk mendeskripsikan fenomena dengan jelas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teori Pierce yaitu typology of sign. Teori konotasi yang di paparkan oleh Piliang, Chandler dan Fiske juga digunakan untuk menganalisis makna dari tanda-tanda yang ditemukan. Data yang digunakan adalah elemen visual dan verbal yang berhubungan dengan cerita film pada keempat poster tersebut. Penelitian ini menemukan bahwa ikon, indeks dan simbol ada pada keempat poster tersebut. Ikon merupakan tanda terbanyak yang ditemukan. Indeks ditemukan dengan jumlah lebih banyak dari pada simbol. Makna dari kombinasi tanda-tanda pada keempat poster tersebut juga terbentuk melalui teori konotasi. Makna yang terbentuk berhubungan dengan cerita film karena poster tersebut berisi informasi tentang film itu sendiri. Makna yang ada juga tidak dapat dipisahkan dengan konvensi masyarakat dan kejadian tertentu karena tema film merupakan cerminan dari kondisi yang benar-benar terjadi di tengah kehidupan masyarakat Indonesia. Berdasar pada analisis yang telah dilakukan, poster yang kurang jelas dalam merefleksikan perbedaan agama adalah poster film berjudul Cin(T)a. Ketiga poster lainnya lebih jelas dalam menunjukan tema perbedaan agama. Film Cinta Tapi Beda memiliki poster yang paling jelas dalam menggambarkan perbedaan agama. Penulis menyarankan pada peneliti selanjutnya untuk menganalisis obyek yang lain seperti komik, sampul novel atau film. Teori semiotik yang lain juga disarankan untuk diaplikasikan sehingga dapat memperluas analisis semiotik.
English Abstract
Today, many drama movies are made based on social phenomena. In order to advertise the movies, they are summarized in the form of posters which contain the information of the movie story. Thus, the posters have verbal and visual elements which are considered as signs. In this research, the researcher chooses the posters of Cin(T)a (2009), 3 Hati Dua Dunia Satu Cinta (2010), “?” (2011) and Cinta Tapi Beda (2012) movies in which all of them have the same theme, that is religion difference. Then, in order to get the meaning of the posters, the researcher analyses them by using semiotics study. This research has three problems to be answered: (1) What semiotics signs that can be found in Indonesian drama movie posters; (2) What connotations are built in the drama movie posters; and (3) How the comparison among the drama movie posters in terms of the clarity of signs that reflect the religion difference is. Descriptive qualitative research with content or document analysis is used in this research since the researcher describes the phenomena. The data analysis is done by applying Pierce’s theory that is typology of sign. In order to build the meaning of the signs found, connotation theory offered by Piliang, Chandler and Fiske are also used. In this research, the researcher uses visual and verbal elements found in the posters that are related to the story of the movies as the data. This research discovers that the icon, index and symbol are found in the posters. The iconic signs are mostly applied. The indexical signs are used more than the symbolic one. The meaning of signs combination found in the posters is also properly built through connotation theory. The meaning is related to the story of the movie because the poster actually contains information about the movie itself. It also cannot be separated from the social convention and certain cases happen in the society since the theme of the movie is the reflection of the real condition of Indonesian society. In accordance with the analysis, the signs that represents religion difference are still blurry in the first movie poster entitled Cin(T)a. The next three posters are clearer in representing the difference of religion. The last movie entitled Cinta Tapi Beda has the poster that is considered as the clearest one. The researcher finally suggests the next researchers to analyze other objects as the data in conducting research related to semiotics study such as comics, novel covers or movie. Different semiotic theory is also suggested to apply in order to broaden the semiotic analysis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2013/168/051307691 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 17 Sep 2013 09:08 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 04:38 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100628 |
Preview |
Text
INTAN_KAFITASARI_(0911110189).pdf Download (13MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |