Ramadhani, Nurul Qamaril (2017) Pertanggungjawaban Sosial Dan Penciptaan Nilai Tambah (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Nilai tambah merupakan aspek penting yang menggambarkan usaha perusahaan dalam menciptakan kesejahteraan pemegang saham. Namun, yang terjadi di Indonesia, nilai tambah perusahaan malah cenderung menurun selama tahun 2010-2015. Nilai tambah sendiri secara teoritis dipengaruhi oleh pelaksanaan CSR perusahaan. Padahal, perusahaan di Indonesia sendiri kurang memberikan atensi pada CSR sehingga penelitian ini berkontribusi dalam memberikan analisis atas aspek yang menyebabkan penurunan nilai perusahaan. Teknik Panel Vector Autoregression digunakan untuk membantu mencapai tujuan tersebut. Penelitian ini menggunakan 21 sampel perusahaan dari perusahaan-perusahaan yang terdaftar di BEI dan memiliki skor PROPER selama tahun 2010-2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR tidak berhubungan dengan nilai tambah dan semakin baik pelaksanaan CSR berdampak pada semakin rendah nilai tambah perusahaan. Penelitian ini juga menemukan bahwa pelaksanaan CSR pada periode sebelumnya langsung berdampak pada nilai tambah perusahaan pada saat ini (lag optimal = 1). Hal ini disinyalir karena motif utama pemegang saham saat melakukan keputusan investasi adalah hanya mengejar capital gain, sehingga CSR yang telah dilaksanakan perusahaan hanya menambah beban perusahaan dan menurunkan capital gain yang seharusnya diperoleh investor.
English Abstract
Value added is an important aspect that describes the company's efforts in creating shareholder welfare. However, what happened in Indonesia, the value added companies tend to decline during the year 2010-2015. Value added itself is theoretically influenced by the implementation of corporate CSR. In fact, companies in Indonesia itself less attention to CSR so that this study contributes in providing an analysis of aspects that cause decline in corporate value. Panel Vector Autoregression technique is used to achieve that goal. This study used 21 company samples from companies listed on BEI and had PROPER scores during 2010-2016. Results show that CSR is not related to value added and the better the implementation of CSR has an impact on the lower the company's value added. This study also found that the implementation of CSR in the previous period directly affects the company's added value at this time (optimum lag = 1). This is allegedly because the main motive of shareholders when making investment decisions is only the pursuit of capital gains, so that the CSR that has been implemented by the company only adds to the company's burden and lower capital gains that should be obtained by investors.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/658.408/RAM/p/2017/041712436 |
Uncontrolled Keywords: | SOCIAL RESPONSIBILITY OF BUSINESS, VALUE ADDED |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.408 Social responsibility of executive management |
Divisions: | S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 30 Apr 2018 06:49 |
Last Modified: | 25 Nov 2021 07:05 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10054 |
Preview |
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Download (860kB) | Preview |
Preview |
Text
Thesis_Nurul Qamaril Ramadhani_146020310011010.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (56kB) | Preview |
Preview |
Text
BAGIAN ISI...pdf Download (399kB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |