Emancipation Gained Through Education In Andrea Hirata’s Rainbow Troops

Kristiana, Dian (2012) Emancipation Gained Through Education In Andrea Hirata’s Rainbow Troops. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemiskinan merupakan masalah yang terdapat di negara kita. Hal ini terjadi karena lemahnya pendidikan dan kualitas sdm yang rendah. Oleh karena itu, penulis mencoba meneliti fenomena ini melalui Rainbow Troops, sebuah novel yang ditulis oleh Andrea Hirata. Novel ini nampaknya relevan dengan birokrasi pendidikan di Indonesia yang masih tidak dipedulikan. Penulis memfokuskan diri pada emansipasi dalam bidang pendidikan dalam novel Rainbow Troops karya Andrea Hirata. Penulis menganalisa fakta yang ditemukan dalam novel Rainbow Troops tentang kendala yang dihadapi oleh setiap tokoh dalam emansipasi yang dilakukan dan pencapaian yang mereka dapatkan. Hasil studi menunjukkan bahwa telah terjadi kesenjangan sosial di dalam masyarakat Belitong yang disebabkan oleh keberadaan PN Timah yang telah mendominasi perekonomian masyarakat tersebut, sehingga sekolah yang dimiliki oleh PN Timah ini memiliki fasilitas, kecerdasan dan kuantitas dengan standar terbaik. Emansipasi ini bertujuan untuk melawan kemiskinan dan kondisi sosial dimana mereka melihat diri mereka ada pada kelas kedua dalam masyarakat. Peran guru tidak hanya menjadi penyemangat para siswa sehingga mereka menjadi optimis terhadap masa depan mereka tetapi juga dapat meningkatkan harga diri mereka dalam masyarakat. Penulis juga belajar dari Rainbow Troops tentang pendidikan yang masih diabaikan di daerah terpencil sehingga orang lain bisa belajar mengenai nilai kehidupan dan mendapatkan inspirasi dari emansipasi yang telah dilakukan oleh orang – orang di sekolah Muhammadiyah dalam novel ini.

English Abstract

Poverty is a common problem that exists in our country. This can happen due to the lack of education and low quality of human resourses. Therefore, the writer tries to examine this phenomenon through Rainbow Troop, a novel by Andrea Hirata. This novel seems relevant to the education bureaucracy in Indonesia which is still ignored.. The writer focuses on how emancipation is gained through education in Andrea Hirata’s Rainbow Troops. The writer analyzes the fact found in the novel that relate to emancipation from constraints that they face, and the achievement they gain. The study results indicate that there is an economy gap which led to social gap in Belitong social construction caused by PN Timah which has dominated the economy so that PN Timah school which belongs to this company may have the best standard of facilities, intelligence and quantity. The people in the Muhammadiyah school do their emancipation which is in purpose to against poverty and underestimation. The role of teachers is not only to raise student’s spirit in studying and optimitsm about their future but also to raise self respect in the society. The writer also learns from Rainbow Troops about that education which is still ignored, so that people can learn some value of life and get the inspiration from the emancipation which is done by the the people in the Muhammadiyah school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2012/79/051204342
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Oct 2012 15:33
Last Modified: 18 Oct 2021 04:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100527
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item