A Study of Deixis Used by Main Character In The Movie Entitled Harry Potter and Deathly Hallows Part II

Alvian, Endah (2012) A Study of Deixis Used by Main Character In The Movie Entitled Harry Potter and Deathly Hallows Part II. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mengetahui bahasa berarti mengetahui bagaimana untuk menghasilkan dan memahami kalimat dan ucapan-ucapan dengan makna tertentu. Namun, hal ini tidak hanya ucapan yang berarti bahwa pembicara berniat untuk berkomunikasi melalui memproduksi ucapan tertentu, tetapi juga konteks ucapanucapan sangat penting untuk mengerti tata bahasa. Penulis melakukan penelitian tentang deixis yang digunakan oleh satu karakter utama dalam film berjudul Harry Potter dan Bayangan Kematian bagian II. Ada dua masalah akan diselesaikan dalam studi ini, seperti: (1) Apakah jenis deixis yang digunakan oleh karakter utama dalam film Harry Potter dan Bayangan Kematian bagian II; (2) Apakah arti deixis yang digunakan oleh karakter utama dalam film berjudul Harry Potter dan Bayangan Kematian Bagian ke II. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan dokumen analisis untuk mendeskripsikan fenomena yang dipelajari secara jelas dan sistematis. Studi deskripsi secara tekstual digunakan karena studi ini bertujuan untuk menganalisa ucapan atau ujaran yang mengandung deixis yang digunakan oleh character utama. Ada dua teori yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah yaitu teori Cook (1982) dan teori Levinson (1983). Penelitian ini mengungkap bahwa ada lima jenis deixis di film Harry Potter dan Bayangan Kematian Bagian ke II, yaitu “deixis orang”, “deixis waktu”, “deixis tempat”, “deixis waktu”, “deixis wacana”, dan “deixis sosial”. Deixis utama yang sebagian besar digunakan oleh karakter di film ini adalah “deixis orang” dan “deixis tempat”. “Deixis waktu” tidak dinyatakan secara spesifik di dalam film. Selanjutnya adalah “deixis wacana” dan “deixis sosial” yang tidak dominan dalam film. Studi ini juga mengungkap makna dari macam – macam deixis yang mana makna tersebut tergantung dari pendukung konteks seperti koteks, gambar, dan interteks. Analisis ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi tambahan yang baru untuk meningkatkan pengetahuan teori deixis dari Levinson. Kemudian, penulis memberikan saran kepada penulis selanjutnya untuk melakukan dan membuat analisis yang lebih komplit dalam bidang yang sama.

English Abstract

Knowing a language means to know how to produce and understand sentences and utterances with particular meaning. However, it is not only the utterance meaning that the speaker intends to communicate through producing a particular utterance, but also the context of the utterances is very important to understand the language. The writer conducts the study about deixis used by one main character in the movie entitled Harry Potter and Deathly Hallows Part II. There are two problems to be solved in this study, namely: (1) what types of deixis used by main character in the movie Harry Potter and Deathly Hallows Part II; (2) what the meaning of deixis used by main character in the movie entitled Harry Potter and Deathly Hallows Part II. This study uses qualitative approach with document analysis in relation to the use of clear and systematic description about the phenomena in the movie. The data are in the form of utterances containing deixis used by the main character. There are Cook’s theory (1982) and Levinson theory (1983) to answer the research problems. This study reveals that there are five types of deixis in the movie entitled Harry Potter and Deathly Hallows namely “person”, “time”, “place”, “discourse”, and “social” deixis. The deixis mostly used by main character in the movie is “person deixis” and “place deixis”. “Time deixis” is not stated specifically in the movie, in a sense the time is not stated clearly. In addition “discourse deixis” and “social deixis” are not dominant in the movie. This study also reveals the meaning of types deixis which are meanings based on the context support such as co-text, picture and intertext. This analysis is expected to be a new additional source of information for increasing the knowledge of deixis theory from Levinson. Furthermore, the writer suggests the next writer conducts and makes more complete analysis on the same field.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2012/75/051204338
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Oct 2012 14:54
Last Modified: 18 Oct 2021 04:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100521
[thumbnail of 051204338.pdf]
Preview
Text
051204338.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item