An Analysis Of Jargon Used In ‘Test’ Rubrics Of Pulsa Tabloid

Wulandari, NovitaD, (2012) An Analysis Of Jargon Used In ‘Test’ Rubrics Of Pulsa Tabloid. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jargon adalah salah satu variasi sosial yang digunakan oleh kelompok tertentu secara terbatas agar memudahkan komunikasinya di dalam kelompok dan untuk membedakan orang lain di luar kelompoknya. Namun, jargon tidak bersifat rahasia yang berarti orang di luar kelompok dapat mengenali jargon dari bidang tertentu. Jargon dapat ditemukan di beberapa media, contohnya, tabloid Pulsa. Jargon TI yang digunakan di rubrik ‘Test’ tabloid Pulsa bermacam-macam. Namun, beberapa pembaca mungkin tidak mengerti arti sebenarnya dari jargon tersebut. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk menganalisa: (1) jargon- jargon apa, (2) tipe apa saja dari jargon berdasarkan penanda, dan (3) apa makna dari jargon yang ditemukan di rubrik ‘Test’ tabloid Pulsa edisi 230 berdasarkan koteks. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitative dan tipenya adalah analisa dokumen karena penulis menganalisa data tertulis yang diambil dari tabloid Pulsa. Sumber data penelitian ini adalah empat rubrik Test di tabloid Pulsa edisi 230. Datanya merupakan teks yang mengandung jargon dan koteksnya. Penelitian ini menemukan bahwa ada 64 istilah yang merupakan jargon TI. Jargon tersebut diklasifikasikan ke dalam dua tipe, yaitu, kosa kata spesial dan singkatan. Selanjutnya, jargon yang diikuti oleh koteksnya dapat membantu pembaca tabloid Pulsa untuk menginterpretasikan makna dari jargon tersebut. Dapat disimpulkan bahwa meskipun jargon adalah jargon khusus untuk pembaca IT, namun orang lain dapat mengerti jargon tersebut dengan melihat koteksnya karena koteks membantu pembaca untuk membatasi makna jargon tersebut. Penulis menyarankan kepada pengguna bahasa untuk menggunakan jargon supaya menciptakan komunikasi yang efektif selama tidak ada kesalahpahaman. Selain itu, untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk menganalisa perkembangan dari jargon tertentu karena sifat dari jargon adalah berkembang.

English Abstract

Jargon is one of social varieties used by a certain group restrictively in order to ease their communication within their group and to exclude other people outside the group. However, jargon is not secret, which means people outside the group can be familiar with the jargon of a certain field. Jargon can be found in some media, for example, Pulsa tabloid. The IT jargons used in ‘Test’ rubrics of Pulsa tabloid are various. Yet, some readers might not know the exact meaning of jargon used. Thus, this study was intended to analyze: (1) the jargons, (2) the types of jargon based on lexical markers, and (3) the meaning of the jargons found in ‘Test’ rubrics of Pulsa tabloid 230th edition based on co-text. This study uses qualitative approach and the type of research is document analysis since the writer analyzed written data taken from Pulsa tabloid. The data source of this study is four ‘Test’ rubrics in Pulsa tabloid 230th edition. The data are texts containing jargon and its co-text. This study reveals that there are 64 terms considered as IT jargon. The jargons are classified into two types, specialized vocabulary and abbreviation. In addition, the jargons are accompanied by the co-text which can help readers of Pulsa tabloid to interpret the meaning of each jargon. It can be concluded, although the jargons are specific for IT readers, other people can understand the jargon by looking at the co-text since the co-texts help the readers to limit the meaning of jargon. It is suggested that language users use jargon to create effective communication as long as there is no miscommunication. Furthermore, future researchers are suggested to analyze the development of certain jargon since the characteristic of jargon is developing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2012/51/051204314
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Oct 2012 11:28
Last Modified: 18 Oct 2021 05:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100494
[thumbnail of 051204314.pdf]
Preview
Text
051204314.pdf

Download (12MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item