Abdan, Lailla Inayah (2017) Representasi Tubuh yang Sehat dalam Iklan Televisi (Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk Pada Iklan Multivitamin Daya Tahan Tubuh). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian bidang kajian komunikasi kesehatan yang berbeda dengan mayoritas penelitian di bidang yang sama. Apabila kebanyakan penelitian komunikasi kesehatan cenderung mengarah pada kajian penyembuhan yang melibatkan komunikasi interpersonal dan kelompok, peneliti justrru tertarik melakukan penelitian kritis yang berangkat dari kajian komunikasi dalam memperkenalkan dan merepresentasikan kesehatan. Peneliti tertarik untuk mengkritisi konsep sehat itu sendiri yang dimaknai secara heterogen oleh seluruh masyarakat di dunia. Tidak ada konsep mutlak mengenai kondisi kesehatan di negara manapun. Sehingga peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana wacana sehat yang melekat pada tubuh dimaknai oleh masyarakat Indonesia yang diperkenalkan dan disebarkan melalui media iklan komersial televisi yang untuk mempengaruhi pemikiran khalayak secara masif yang mayoritas memiliki konten yang menyesatkan dengan menampilkan gaya hidup tertentu bagi golongan tertentu terkait produk kesehatan yang ditawarkan. Peneliti berfokus pada iklan komersial televisi produk multivitamin daya tahan tubuh untuk mengetahui bagaimana wacana sehat yang melekat pada tubuh direpresentasikan dalam konten media yang bersifat persuasif untuk meraih tubuh yang sehat. Kemudian peneliti menggunakan metode analisis wacana kritis Teun A. Van Dijk untuk mengetahui bagaimana tubuh yang sehat direpresentasikan secara dominan melalui seperangkat tanda dalam teks sebagai hasil dari kesadaran kognisi pembuat iklan dan konteks sosial yang melingkupinya. Pada akhirnya diperoleh hasil bahwa iklan televisi menjadikan tubuh selalu berada dalam kekuasaan para pemilik modal yang telah menciptakan wacana tubuh yang sehat diperlakukan dan dimaknai. Tetapi, khalayak tidak menyadari bahwa semakin mereka merasa bebas dengan tersedianya banyak pilihan perilaku kesehatan yang dipaparkan oleh media iklan, semakin mereka masuk dalam pertarungan kekuasaan yang memperjuangkan konsep sehat mereka demi keuntungan masing-masing. Sehingga multivitamin daya tahan tubuh menjadi kebutuhan yang sulit untuk dihindarkan bagi khalayak usia produktif karena tubuh yang sehat direpresentasikan secara berlebihan sebagai tubuh yang tidak pernah berhenti beraktivitas yang menguntungkan khalayak dengan menyamarkan risiko gangguan kesehatan yang lebih tinggi akibat perilaku hidup yang tidak sehat. Jadi, terdapat ketidakselarasan bahwa tujuan iklan tersebut untuk meningkatkan kesehatan khalayak justru memanipulasi khalayak agar menggunaan tubuhnya untuk terus produktif secara ekonomi.
English Abstract
This research is a different kind of health communication research in common. This research is more focused on promotion approach which started with discussion about how does communication promote the concept of health and represent it than curative approach which involves interpersonal or group communication. The researcher has an interest to critizise the concept of health itself which perceived ambiguously and heterogeneous by people, because there are no absolute concept of health in any countries. Therefore, the researcher want to know how the concept of healthy body perceived by Indonesians which being promoted and propagated by television commercial media which majority of their content is misleading by promoting certain lifestyle for certain people related to the health product. The researcher focused in television commercial of body endurance multivitamin product to examine how does concept of health represented in media content persuasively to achieve healthy body. The researcher use critical discourse analysis as a research method to examine how does concept of healthy body represented dominantly through a set of signs in discourse text which constructed by the cognition consciousness of the advertiser and social context around it. The result is television commercial is never leave the body itself belongs to individual authorization, but always under the power of the advertiser which created the way individual should treat and perceived their healthy body. In the other side, people do not realize that the more they feel free to choose any healthy behaviour and health product in media, the more they go into the power battle of health concept for profit orintation. Hence, the body endurance multivitamin product became unavoidable needs because the healthy body exaggeratly represented as working body which caused higher risk of disease. It can be said that there is unbalance in those advertisement which design to increase national health but precisely they have control over people’s body to use it as economic production machine.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2018/51/051801403 |
Uncontrolled Keywords: | komunikasi kesehatan, iklan televisi, analisis wacana kritis |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) > 302.234 Motion pictures, radio, television > 302.234 5 Television |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 30 Apr 2018 06:32 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 04:38 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10048 |
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Restricted to Registered users only Download (645kB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (15kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
|
Text
8. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (641kB) |
Actions (login required)
View Item |