Semiotic Analysis on Television Advertisement of A Mild Cigarette

Prithasari, KNadya (2012) Semiotic Analysis on Television Advertisement of A Mild Cigarette. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Iklan merupakan salah satu media untuk menyampaikan pesan kepada orang lain. Dengan tujuan mempengaruhi agar mereka menggunakan produk tersebut. Salah satu strategi dalam mempromosikan produk adalah membuat iklan, yang menggabungkan antara gambar, gambar digital dan jingle. Penggabungan tersebut dapat membantu penonton untuk mendapat informasi tentang produk tersebut. Pendekatan semiotik yang digunakan dalam menginterpretasi tanda, simbol, ikon, dan index yang terdapat dalam iklan tersebut. Pada penelitian ini iklan A Mild yang ditayangkan pada televisi swasta dipilih sebagai objek. Penelitian ini bertujuan untuk mencari: (1) tanda semiotik apa saja yang tedapat pada iklan A Mild di televisi swasta dan (2) menginterpretasikan tanda semiotik yang ada dalam iklan A Mild di televisi swasta. Studi ini adalah studi kualitatif dalam bentuk analisa tekstual. Data dari penelitian ini adalah tiga iklan A Mild yang ditayangkan di televisi swasta. Tiga iklan tersebut ditayangkan di televisi swasta antara awal tahun 2010 sampai awal tahun 2011. Hasil dari penelitian ini adalah setiap iklan A Mild mengandung tanda semiotik seperti tanda, simbol, ikon, dan index. Menginterpretasikan semua tanda semiotik itu sangat bergantung pada tema iklan tersebut. Bagaimanapun juga semua tanda semiotik yang tedapat dalam iklan-iklan tersebut saling berhubungan serta memberikan dukungan pada iklan tersebut untuk mempengaruhi penonton. Saran ditujukan kepada peneliti selanjutnya untuk memilih tanda pada iklan, dimana iklan tersebut berasal dari sumber yang lain seperti radio, koran, atau internet sehingga dapat memberikan hasil yang bervariasi. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan metode penelitian yang lain guna mengetahui intrepretasi orang lain terhadap suatu iklan.

English Abstract

Advertisement is a media to deliver messages to people with the goal to influence them to use certain products. One of the strategies to advertise products is by combining motion pictures, digital images and jingles on television. The combination can help viewers to get more information about products. Semiotic approach is employed in interpreting the sign, symbol, icon, and index in TV advertisements. In this study A Mild advertisements on commercial TV stations are chosen as the object. This study aims to identify: (1) the semiotic signs found in the A Mild advertisements, and (2) the interpretation of semiotic signs in the A Mild advertisement. This study is qualitative in the form of document analysis. The data are the three A Mild TV advertisements. The advertisements were broadcasted around early 2010 until early 2011 in commercial television stations in Indonesia. The result of this research shows that each advertisement contains semiotic signs such as symbol, icon and index. The interpretation of the semiotic signs is related to the whole parts of the advertisements. Suggestion is made for next researchers to choose the signs of the advertisement from other media sources like radio, newspaper, or the internet, to obtain various results. Next researchers can also conduct further studies by seeing people‟s interpretation on certain advertisements.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2012/38/051201174
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Oct 2012 11:24
Last Modified: 18 Oct 2021 05:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100479
[thumbnail of 051201174.pdf]
Preview
Text
051201174.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item