Language Functions Used by Muluk, the Main Character of Alangkah Lucunya Negeri Ini Movie.

Kusuma, Marlinda (2012) Language Functions Used by Muluk, the Main Character of Alangkah Lucunya Negeri Ini Movie. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Analisa wacana merupakan cabang dari ilmu bahasa yang mempelajari bahasa sebagai alat komunikasi baik secara lisan atau tulisan yang berhubungan dengan bentuk dan arti di dalam kombinasi kalimat. Dalam penelitian ini, penulis memusatkan analisis pada fungsi bahasa dengan menggunakan teori dari Mary Finocchiaro dan Brumfit. Penulis memilih film Alangkah lucunya Negeri ini dan mengambil dialog Muluk sebagai datanya karena dialog-dialog dalam film ini mengandung bahasa langsung, menggelitik, dan penuh makna.Tujuan penelitian adalah menggambarkan macam fungsi bahasa yang digunakan oleh Muluk dalam film Alangkah Lucunya Negeri Ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan penelitian dilakukan melalui analisis dokumen. Selanjutnya, penulis mengambil lima langkah dalam menganalisa data. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan membahas fungsi-fungsi bahasa yang digunakan oleh Muluk dalam film tersebut. Data dari skripsi ini adalah dialog-dialog Muluk. Penulis mengidentifikasi dialog-dialog Muluk dan menempatkannya ke dalam tabel lalu menjelaskan dan menganalisa dialog-dialog Muluk yang mengandung fungsi bahasa untuk menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari lima fungsi bahasa yang ada, hanya empat fungsi bahasa yang digunakan oleh Muluk dalam film Alangkah lucunya Negeri Ini, yaitu fungsi referensial, fungsi interpersonal, fungsi direktif, dan fungsi personal. Fungsi imaginative bagaimanapun tidak ditemukan dalam penelitian ini. Fungsi bahasa yang paling banyak digunakan oleh Muluk dalam film ini adalah fungsi referensial karena peran Muluk dalam film ini adalah sebagai pembawa pesan dan informasi tentang pendidikan dan pentingnya pendidikan kepada para anak pencopet. Penulis menyarankan kepada peneliti selanjutnya yang tertarik melakukan penelitian tentang analisis wacana agar meneliti bagian-bagian lain dari wacana dalam konteks lain yang berbeda dengan menggunakan teori-teori analisis wacana yang lain.

English Abstract

Discourse analysis is one of linguistic branches studying the language used for communication, either written or spoken related to form and meaning within combination of sentences. In this study, the researcher focuses on analysis of language functions by using Mary Finocchiaro and Brumfit‟s theory. The writer selected Alangkah Lucunya Negeri Ini (What a Funny Country) movie and took Muluk’s dialogues as the data since the dialogues in this movie contain straightforward, tickling and meaningful language. The objective of the study is to figure out the language functions used by Muluk in Alangkah Lucunya Negeri ini movie. This study uses qualitative approach and the research was conducted through documentary analysis. Qualitative approach is used because this study is aimed at analyzing and discussing the language function used by Muluk. The data of this study are Muluk‟s dialogues in the movie. The writer identifies Muluk‟s dialogues and placing the data into the table then describes and analyzes Muluk‟s dialogues which contain language function to draws the conclusion. The results of this study show that there are only four out of five language functions used by Muluk in the “Alangkah Lucunya Negeri Ini (What a Funny Country)” movie, there are the referential function, the interpersonal function, the directive function, and the personal function. Imaginative function however is not find in this movie. The language function which is frequently used by Muluk in the movie is referential function because Muluk‟s role in the film is as a carrier of messages and information about education and the importance of education to the pickpocket children. The writer suggests future researchers who are interested in conducting a study on discourse analysis to analyze other elements of discourse in different contexts by using different theories of discourse analysis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2012/35/051201170
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Oct 2012 10:48
Last Modified: 18 Oct 2021 05:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100476
[thumbnail of 051201170.pdf]
Preview
Text
051201170.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item