Politeness Strategies Used by Albert and Lionel in the Movie “The King’s Speech”

Karina, Oktavia (2012) Politeness Strategies Used by Albert and Lionel in the Movie “The King’s Speech”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bagaimana orang tersebut menggunakan bahasa ketika berkomunikasi dengan orang lain sangatlah penting. Untuk menggunakan bahasa yang benar, seseorang harus memiliki beberapa strategi kesantunan dan juga perlu untuk meminimalkan ancaman tindak ujaran (FTA) untuk memiliki komunikasi yang lebih baik. Fenomena sosial ini dapat muncul dalam film karena menyediakan banyak ucapan yang digunakan oleh para pemain. "The King‟s Speech" adalah sebuah film yang menunjukkan tentang kekayaan, kekuatan dan masyarakat yang berbeda status sosialnya yang terjadi di Inggris sebelum Perang Dunia II. Ada status sosial yang berbeda antara dua tokoh utama; Albert, seorang pangeran, dan Lionel, seorang terapis yang menyembuhkan kegagapan Albert. Studi ini difokuskan pada strategi kesantunan yang digunakan oleh dua tokoh utama dalam film tersebut. Masalah studi ini adalah: Strategi kesantunan apa saja yang digunakan Albert saat bertemu dengan Lionel dan strategi apa yang sering muncul? dan, Strategi kesantunan apa saja yang digunakan Lionel saat bertemu dengan Albert dan strategi apa yang sering muncul? Penulis menggunakan pendekatan kualitatif karena studi ini bertujuan untuk menganalisis dan mendiskusikan jenis strategi kesantunan dari ucapan-ucapan yang digunakan oleh dua karakter utama. Data studi ini adalah kalimat tertulis yang mengandung strategi kesantunan dari dua pemain utama dalam film. Sumber datanya adalah film “The King‟s Speech” yang diunduh dari internet. Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa dalam film, semua empat strategi utama digunakan oleh dua karakter utama; Albert dan Lionel. Dalam film ini, Albert paling sering menggunakan strategi Off Record karena dia ingin mengungkapkan kata-katanya menggunakan petunjuk dalam berkomunikasi tanpa melakukannya secara langsung. Sementara, Lionel paling sering menggunakan strategi Positive Politeness ketika mereka bertemu satu sama lain karena dia ingin lebih dekat dan memperkecil perbedaan status sosial dengan Albert dalam proyek penyembuhan kegagapan. Penulis menyarankan penulis lain untuk menganalisis dan membandingkan penggunaan strategi kesantunan di antara orang-orang yang memiliki latar belakang budaya yang berbeda yang terjadi dalam situasi nyata, seperti dalam pertemuan sosial yang biasa.

English Abstract

How a person uses a language when communicating with others is very important. To use language properly, someone must have some politeness strategies and also needs to minimize face threatening acts (FTA) to have a better communication. This social phenomenon can appear in movies since they provide a lot of utterances by the characters. “The King‟s Speech” is a movie about wealthy, powerful and different social status society in England before World War II. There is a different social status between the two main characters: Albert, a prince, and Lionel, a therapist who cures Albert‟s stammer. This study focuses on Politeness Strategies used by the two main characters in the movie. The problems of the study are: What are the types and most frequent politeness strategies used by Albert when he meets Lionel? and What are the types and most frequent politeness strategies used by Lionel when he meets Albert? The writer uses qualitative approach because this study is aimed at analyzing and discussing the types of politeness strategies found in the utterances used by the two main characters. The data of this study are the written utterances containing politeness strategies of two main characters in the movie. The data source is “The King‟s Speech” movie downloaded from the internet. The result of this study showed that in the movie, all four main strategies are used by the two main characters; Albert and Lionel. In this movie, Albert most often uses Off Record strategy because he want to express his words by using the hints in communicating without doing so directly. While, Lionel most often uses Positive Politeness strategy when they meet each other because he wants to be closer and minimize the difference in social status with Albert because of a training project to cure the stammer. The writer suggests the next researchers to analyze and compare the use of politeness strategies among people who have different cultural background that happen in real situation, such as in regular social gathering.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2012/31/051201167
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Oct 2012 09:43
Last Modified: 18 Oct 2021 05:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100472
[thumbnail of 051201167.pdf]
Preview
Text
051201167.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item