Upaya Perempuan Jepang Dalam Mendapatkan Pendidikan Terbaik Bagi Anaknya Yang Tergambar Pada Drama Namae Wo Nakushita Megami

Ardiani, TitisAnatalia (2012) Upaya Perempuan Jepang Dalam Mendapatkan Pendidikan Terbaik Bagi Anaknya Yang Tergambar Pada Drama Namae Wo Nakushita Megami. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Skripsi ini membahas tentang upaya ibu-ibu Jepang dalam mendapatkan pendidikan terbaik bagi anaknya. Kali ini penulis menggunakan sumber data berupa drama berjudul Namae wo Nakushita Megami. Drama ini bercerita tentang sekelompok ibu-ibu muda yang mempunyai anak seumuran. Anak dari masing-masing ibu akan masuk ke sekolah dasar. Akan tetapi, mereka harus melakukan berbagai persiapan untuk ujian masuk sekolah dasar, sehingga para ibu harus mencari cara agar anaknya mendapat cukup bekal dalam mengahadapi ujian masuk tersebut. Dalam drama yang berjudul Namae wo Nakushita Megami ini penulis menemukan konsep kyouiku mama yang diterapkan oleh para ibu Jepang dalam mendidik anaknya. Proses tersebut yaitu konsep kyouiku mama dalam proses akademik. Oleh karena itu, penulis akan menjawab rumusan masalah dalam penelitan ini yaitu bagaimana upaya ibu-ibu Jepang dalam mendapatkan pendidikan bagi anaknya yang tergambar pada drama Namae wo Nakushita Megami. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi sastra oleh Ian Watt yaitu sastra sebagai cerminan masyarakat. Untuk membantu penulis dalam menganalisa drama ini, penulis menggunakan mise en scene. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam drama Namae wo Nakushita Megami ini terdapat adegan yang menunjukkan konsep kyouiku mama dalam proses akademik.Konsep ini bertujuan ibu membimbing anak agar mendapat pendidikan akademik terbaik. Dalam upaya tersebut, penulis juga menemukan hambatan-hambatan yang dilalui para ibu serta efek konsep kyouiku mama terhadap ibu dan anak. Penulis menyarankan agar peneliti selanjutnya dapat meneliti drama ini tetapi dengan sumber kajian dan pendekatan yang berbeda. Teori yang dapat digunakan yaitu teori psikologi dan konflik sosial. Harapannya, panelitian ini dapat membantu para pembelajar bahasa Jepang dan peminat budaya untuk memahami konsep kyouiku mama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2012/122/051204385
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Oct 2012 10:20
Last Modified: 18 Oct 2021 05:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100441
[thumbnail of 051204385.pdf]
Preview
Text
051204385.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item