Analisis Kesalahan Penggunaan Kala Dalam Kalimat Bahasa Jepang Mahasiswa Program Studi S1 Sastra Jepang Universitas Brawijaya Angakatan 2008

Nafi`anKharis (2012) Analisis Kesalahan Penggunaan Kala Dalam Kalimat Bahasa Jepang Mahasiswa Program Studi S1 Sastra Jepang Universitas Brawijaya Angakatan 2008. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah ditemukannya kesalahan penggunaan kala yang salah pada kalimat yang diucapkan oleh mahasiswa. Karena itu peneliti tertarik untuk mengambil judul penelitian Analisis Kesalahan Penggunaan Kala Dalam Kalimat Bahasa Jepang Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Jurusan Bahasa Jepang Angkatan 2008. Masalah yang dimunculkan dalam penelitian adalah mendeskripsikan kesalahan mahasiswa dalam menggunakan kala bentuk ~te iru, ~ru dan ~ta, dan mengetahui penyebab kesalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan teknik penelitian berupa angket dan tes. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa program bahasa Jepang Univesitas Brawijaya tingkat 4. Berdasarkan hasil penelitian ternyata masih banyak kesalahan penggunaan kala dalam kalimat bahasa Jepang. Contohnya penggunaan kala yang seharusnya memakai bentu ~ru, mahasiswa banyak memakai bentuk ~te iru ataupun bentuk ~ta. Bahkan ditemukan ada satu soal yang menunjukan tidak ada yang menjawab benar satupun. Penyebabnya adalah kurang pahamnya materi dan kurang kehati-hatian mahasiswa dalam mengerjakan angket yang diberikan. Berdasarkan temuan di lapangan penulis menyarankan kepada pihak-pihak yang terlibat dalam proses belajar mengajar agar lebih memahami penggunaan kala yang tepat sehingga tidak terjadi kesalahan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2012/112/051204375
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Oct 2012 09:36
Last Modified: 31 Oct 2012 09:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100431
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item