Evaluasi Kebijakan Pengelolaan Pasar Tradisional di Kota Malang : studi Pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Malang No.12 Tahun 2004 tentang Pengelolaaan Pasar dan Tempat Berjualan Pedagang

NieviaAfinaWilujeng (2010) Evaluasi Kebijakan Pengelolaan Pasar Tradisional di Kota Malang : studi Pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Malang No.12 Tahun 2004 tentang Pengelolaaan Pasar dan Tempat Berjualan Pedagang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kebijakan yang mengatur pengelolaan pasar di Kota Malang telah diwadahi dalam Perda No. 12 Tahun 2004 tentang Pengelolaan Pasar dan Tempat Berjualan Pedagang. Namun, perda ini belum memuat konsep pengelolaan pasar secara komprehensif. Masih banyak permasalahan dalam pengelolaan pasar yang belum diatur dalam perda ini, misalnya pengaturan mengenai batas radius pasar modern dengan pasar tradisional; bongkar-muat komoditi; kemitraan swasta dan pedagang tradisional; pengaturan mengenai perdagangan informal yang masih bergabung dengan pasar tradisional yang maupun ketentuan standar kualitas komoditi yang akan dijual. Sebagai akibat dari longgarnya pengelolaan pasar tersebut berdampak pada munculnya masalah persaingan yang tidak seimbang antara pasar tradisional dengan pasar modern. Pasar tradisional telah kalah segala-galanya, diantaranya penerapan harga, kenyamanan tempat, dan kelengkapan produk yang ditawarkannya. Pada sisi lain, pasar modern semakin melengkapi diri dengan segala fasilitas yang memudahkan dan membuat konsumen nyaman. Selain itu tentu saja kemampuan modal pasar modern yang kuat membuat mereka mampu menekan harga jual pada konsumen.Dinas pasar Kota Malang selaku Implementor kebijakan dan selaku pemegang otoritas penuh dalam kebijakan pengelolaan pasar tradisional bisa menjaga eksistensi pasar tradisional. Penelitian ini mendeskripsikan tentang pelaksanaan kebijakan pengelolaan pasar tradisional yang dilakukan oleh Dinas Pasar dan dievaluasi menggunakan kriteria-kriteria kebijakan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan kebijakan pengelolaan pasar tradisional kota Malang hanya terfokus pada masalah retribusi dan pemeliharaan kebersihan. Sehingga mengesampingkan manajemen yang lain seperti kepuasaan masyarakat terhadap pelayanan pasar tradisional. Sehingga diperlukan regulasi yang baru dan tepat sesuai dengan perkembangan situasi pasar tradisional sekarang ini agar tetap eksis dan bisa bersaing dengan pasar modern.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/2010/FIA/56/051000372
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2010 10:47
Last Modified: 18 Oct 2021 04:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100289
[thumbnail of 051000373.pdf]
Preview
Text
051000373.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item