Pengaruh Perceived Price dan Perceived Value pada Produk Bundling Terhadap Minat Beli” (Survei minat beli handphone BlackBerry-Indosat pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2008/2009 da

Arifin, Saiful (2013) Pengaruh Perceived Price dan Perceived Value pada Produk Bundling Terhadap Minat Beli” (Survei minat beli handphone BlackBerry-Indosat pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2008/2009 da. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan ragam produk yang pesat dan meningginya tingkat persaingan yang sedemikian rupa, telah menyebabkan inovasi dalam strategi persaingan juga mengalami peningkatan. Strategi dalam menjual produk telah memasuki era yang kian bervariasi. Hal ini dapat terlihat dari cara dan strategi perusahaan yang bermacam-macam dalam memasarkan produknya. Salah satunya, perusahaan tidak hanya menjual produknya dalam bentuk single product , atau dalam bentuk tunggal, tetapi sudah merambah sampai penjualan dengan cara bundling atau sering disebut produk paket. Produk yang diikutsertakan dengan cara sistem paket ini biasanya merupakan produk yang jenisnya komplemen atau saling melengkapi. Strategi bundling ini mulai digunakan dibanyak perusahaan di Indonesia terutama untuk produk elektronik dan handphone , tak terkecuali BlackBerry. Strategi bundling handphone merek BlackBerry menawarkan dan memiliki berbagai bonus serta kelebihan yang disediakan oleh pihak provider sebagai partner dari produsen bundling mereka. Pemasaran BlackBerry baik melalui cara bundling atau tidak, memiliki kelebihan dan kekurangan masingmasing. Kelebihan dan kekurangan tersebutlah yang menjadi dasar atas ketertarikan atau persepsi terhadap minat beli konsumen yang selanjutnya akan diteruskan pada keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini yaitu ntuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel perceived price dan variabel perceived value baik secara bersama-sama maupun parsial terhadap minat beli konsumen, serta mengetahui variabel mana ( perceived price dan perceived value ) yang memiliki pengaruh dominan terhadap minat beli konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 116 responden. Metode pengumpulan data kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis F dan uji hipotesisi t. Hasil analisis regresi linier berganda dapat diketahui bahwa variabelvariabel bebas meliputi Perceived Price (X 1 ) dan perceived Value (X 2 ) berpengaruh terhadap Minat Beli (Y). Hal ini ditunjukkan dengan nilai F hitung sebesar 36,391 dengan probabilitas F hitung sebesar 0,000 (p<0,05). Besarnya kontribusi dari keua variabel bebas tersebut secara bersama-sama terhadap minat beli konsumen adalah 38,1%, sedangkan sisanya 61,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Pada penelitian ini dapat diketahui bahwa secara sendiri-sendiri (parsial) kedua variabel bebas yang meliputi Perceived Price (X 1 ) dan Perceived Value (X 2 ) tidak semuanya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Minat Beli (Y). Hasil penelitian ini juga dapat diketahui bahwa variabel Perceived Value (X 2 ) memiliki pengaruh dominan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh variabel Perceived Price (X 1 ) dan Perceived Value (X 2 ) secara bersama-sama terhadap Minat Beli (Y). Secara parsial variabel Perceived Price (X 1 ) tidak memiliki pengaruh terhadap Minat Beli (Y). Sedangkan variabel Perceived Value (X 2 ),berpengaruh signifikan dan dominan terhadap minat beli konsumen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR//FIA/2013/82/051302036
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Apr 2013 10:30
Last Modified: 18 Oct 2021 05:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100267
[thumbnail of 051302036.pdf]
Preview
Text
051302036.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item