Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Ibu Rumah Tangga Perumahan Bumi Asri Sengkaling RW 05 Desa Mulyoagung Kecamatan Dau Kabupaten Malang Pembeli Deterjen Rinso)

Arifiana, WindyaEka (2013) Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Ibu Rumah Tangga Perumahan Bumi Asri Sengkaling RW 05 Desa Mulyoagung Kecamatan Dau Kabupaten Malang Pembeli Deterjen Rinso). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Atribut Produk merupakan salah satu hal penting dalam pengambilan keputusan pembelian konsumen. Atribut produk tersebut meliputi harga, merek, kemasan, kualitas, label. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel mana dari faktor atribut produk yang paling berpengaruh terhadap struktur keputusan pembelian produk. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori dengan atribut produk yang terdiri dari variabel harga (X1), merek (X2), kemasan (X3), kualitas (X4), label (X5) sebagai variabel bebas dan keputusan pembelian (Y) sebagai variabel terikat. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 102 orang responden dari Ibu-ibu Perumahan Bumi Asri Sengkaling RW 05 yang membeli deterjen bubuk Rinso, dengan menggunakan teknik Simple random sampling sebagai teknik pengambilan keputusan. Dan untuk mengetahui pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian, instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor, analisis regresi linier berganda, analisis regresi parsial. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa variabel produk (X) mempunyai pengaruh secara bersama-sama terhadap variabel keputusan pembelian (Y), hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi sebesar 0,739, F hitung 23,144 dengan probabilitas F hitung sebesar 0,000 (p<0,05). Dengan analisis regresi parsial variabel label (X5) merupakan variabel yang mempengaruhi pengaruh dominan terhadap variabel keputusan pembelian (Y) dengan nilai koefisien regresi sebesar 1,147, t hitung 123,863, koefisien β 23,265 dan dengan label yang jelas maka konsumen akan loyal pada produk tersebut. Berdasarkan penelitian ini pula diketahui variabel keputusan pembelian dipengaruhi sebesar 54,7 % sedangkan sisanya 45,3 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar perusahaan untuk lebih memperhatikan atribut produk terutama faktor harga, merek, kemasan, kualitas, label. Karena hal ini menjadi faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam pengambilan keputusan pembeliannya. Dan hendaknya pemasar selalu menjaga dan meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan karena label mempunyai pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian sehingga konsumen akan tetap merasa yakin untuk membeli deterjen bubuk Rinso.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR//FIA/2013/77/051304908
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Jun 2013 15:24
Last Modified: 18 Oct 2021 05:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100261
[thumbnail of 051304908.pdf]
Preview
Text
051304908.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item