Penerapan Activity Based Costing System (ABC System) dalam Penentuan Harga Pokok Produksi (HPP) (Studi Kasus pada Perusahaan Rokok Djagung Prima Malang Periode Tahun 2011),

A`isyah, FeniSiti (2013) Penerapan Activity Based Costing System (ABC System) dalam Penentuan Harga Pokok Produksi (HPP) (Studi Kasus pada Perusahaan Rokok Djagung Prima Malang Periode Tahun 2011),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Banyak perusahaan yang mengalokasikan biaya overhead pabrik dengan menggunakan metode konvensional atau sistem akuntansi biaya tradisional. Salah satunya adalah Perusahaan Rokok Djagung Prima Malang. Perusahaan Rokok Djagung Prima Malang memproduksi rokok kretek dengan produksi tangan atau yang disebut Sigaret Kretek Tangan (SKT) dengan tiga jenis produk, yaitu Rokok Djagung Istimewa, Rokok Djagung Premium, dan Rokok Djagung Hijau. Perusahaan Rokok Djagung Prima Malang sampai saat ini membebankan biaya overhead pabrik dengan pemicu biaya tunggal, yaitu unit yang diproduksi, sehingga informasi yang dihasilkan menjadi kurang akurat bagi managemen perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan perlu mempertimbangkan penggunaan sistem baru untuk mengganti sistem akuntansi biaya tradisional agar terhindar dari ketidakakuratan informasi. Sistem tersebut adalah Activity Based Costing System (ABC System). Activity Based Costing System (ABC System) adalah salah satu metode yang digunakan dalam menghitung biaya berdasarkan aktivitas. Perhitungan yang dihasilkan akan bermanfaat bagi manajemen untuk menelusuri keterangan mengenai aktivitas apa saja yang diperlukan dan yang tidak diperlukan perusahaan dalam proses produksi. Tujuan penelitian ini, yang pertama adalah untuk memberikan masukan kepada managemen perusahaan mengenai adanya perbedaan perhitungan biaya produk yang dihitung berdasarkan sistem akuntansi biaya tradisional dan dengan Activity Based Costing System (ABC System). Kedua adalah membantu managemen perusahaan dalam menentukan biaya produk secara akurat sehingga perusahaan dapat menentukan harga jual yang tepat. Metode penelitian dalam penelitian ini metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus mengenai perhitungan biaya produk dengan sistem akuntansi biaya tradisional, penerapan Activity Based Costing System (ABC System) untuk menghitung harga pokok produksi, serta menganalisis perbedaan perhitungan harga pokok produksi antara kedua sistem tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan biaya dengan sistem akuntansi biaya tradisional menghasilkan jumlah yang berbeda dibanding dengan hasil perhitungan biaya menggunakan Activity Based Costing System (ABC System) . Berdasarkan perhitungan Activity Based Costing System (ABC System) kesemua produk yang dihasilkan oleh Perusahaan Rokok Djagung Prima Malang mengalami overcosting atau pembebanan biaya yang terlalu tinggi. Rokok djagung istimewa mengalami overcosting sebesar Rp 46.863,91, rokok djaging premium mengalami overcosting sebesar Rp 95. 144,96, demikian pula dengan rokok djagung hijau mengalami overcosting sebesar Rp 2.738.516,95.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR//FIA/2013/50/051301027
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Apr 2013 09:02
Last Modified: 18 Oct 2021 04:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100231
[thumbnail of 051301027.pdf]
Preview
Text
051301027.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item