Implementasi TQM (Total Quality Management) Pada Organisasi Publik (Studi Tentang SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal)

Marizka, YanaDwi (2013) Implementasi TQM (Total Quality Management) Pada Organisasi Publik (Studi Tentang SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar banyaknya organisasi publik terutama di bidang pendidikan mulai menggunakan sistem manajemen profesional layaknya organisasi privat yaitu sistem manajemen organisasi berorientasi mutu yang disebut dengan TQM ( Total Quality Management ). Hal ini dikarenakan banyaknya kritik dari pengguna layanan kepada organisasi publik tentang pemberian pelayanan yang cenderung kurang professional, kurang efektif dan berbelit-belit dalam prosedurnya. Oleh karena itu, perlu adanya sistem manajemen berupa pengawasan internal dalam pengelolaan organisasi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam memberikan pelayanan, terutama di bidang pendidikan tinggi. Berdasarkan hal-hal di atas penulis membuat rumusan masalah sebagai berikut: apakah yang melatarbelakangi implementasi SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal), apa sajakah strategi yang digunakan dalam implementasi SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) dan bagaimana proses implementasi SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) di Universitas Brawijaya Malang. Hasil dari penelitian penulis menunjukkan bahwa yang melatarbelakangi implementasi SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) di Universitas Brawijaya Malang ialah kesadaran untuk berusaha memperoleh pengakuan sebagai universitas terkemuka, baik dalam tingkat nasional maupun internasional dan strategi untuk kepentingan implementasi SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) direncanakan dengan cukup matang, dengan mempersiapkan dana yang besar demi berlangsungnya SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) dan pengalokasian sumber daya manusia dengan kualifikasi strata S-3 sehingga mampu menerima perubahan dan mengadopsi sistem baru dalam organisasi. Proses implementasi berlangsung dengan kurun waktu dua siklus dalam satu tahun dan audit internal sebagai proses pengawasan professional dalam penilaian kinerja untuk setiap unit, namun dalam hal dokumentasi, terjadi sedikit kendala dalam membentuk kesadaran akan pentingnya pembuatan sasaran mutu yang sangat penting untuk pengukuran kinerja dan target dalam mengelola organisasi. Hal ini dapat terjadi karena masih belum intensif diadakan pelatihan mengenai pembuatan dokumen dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR//FIA/2013/2/051300980
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Mar 2013 11:17
Last Modified: 18 Oct 2021 05:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100166
[thumbnail of 051300980.pdf]
Preview
Text
051300980.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item