Kurniasari, Deasy (2013) Analisis Kesalahan Perubahan Verba Bentuk ~Masu Ke Dalam Verba Bentuk ~Te Imasu Pada Siswa Kelas XI Bahasa SMAN 1 Bangil Tahun Ajaran 2011/2012. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Latar belakang timbulnya penelitian ini berdasar pada aturan perubahan verba bentuk ~te imasu dari verba bentuk ~masu yang merupakan dasar dari perubahan verba yang sangat penting untuk dipelajari bagi pembelajar bahasa Jepang. Namun kenyataannya pembelajar bahasa Jepang sering mengalami kesulitan dalam mengubah verba bentuk ~te imasu dari verba bentuk ~masu , sehingga penelitian ini mengambil judul "Analisis kesalahan perubahan verba bentuk ~Masu ke dalam verba bentuk ~Te Imasu Pada Siswa Kelas XI Bahasa SMAN 1 Bangil Tahun Ajaran 2011/2012 " . Berdasarkan latar belakang timbulnya tersebut maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah bentuk kesalahan yang terjadi dalam mengubah verba bentuk ~masu ke dalam verba ~te imasu pada siswa kelas XI Bahasa SMAN 1 Bangil tahun ajaran 2011/2012? (2) Apakah yang menyebabkan terjadinya kesalahan dalam merubah verba bentuk ~masu ke dalam verba ~te imasu pada siswa kelas XI Bahasa SMAN 1 Bangil tahun ajaran 2011/2012? Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif dan Deskriptif Kuantitatif, yaitu mendeskripsikan penyebab kesalahan perubahan verba bentuk ~te imasu dari verba bentuk ~masu pada siswa kelas XI Bahasa SMAN 1 Bangil tahun ajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kesalahan perubahan verba bentuk ~te imasu dari verba bentuk ~masu pada siswa kelas XI bahasa adalah kesalahan pemakaian aturan verba yang tidak sesuai. (2) Penyebab kesalahan perubahan verba bentuk ~te imasu dari verba bentuk ~masu pada kelas XI bahasa adalah (a) Tidak bisa membedakan verba golongan I dan verba golongan II, (b) Tidak memahami aturan perubahan verba dengan baik, (c) Tidak menguasai verba bentuk ~masu, (d) Kurang ketelitian.
English Abstract
-
Other obstract
バンギル第 1 高校生の十一年生言語は動詞の活用形~ます形から~ ています形、困ったことがよくある。理由は日本語の動詞の規則がわかり にくいからである。そういうわけで、”2011/2012 学年度 バンギル第 1 高 校生の 十一年生 言語に おける 動詞の 活用形 『~ます形から ~ています形 に なる』誤用分析” をテーマとして選んだ。研究の 問題 としては, (1) 2011/2012 学年度 バンギル第 1 高校生の 十一年生 言語は 動詞の 活用形 『~ます形から ~ています形を かえた時』をよく間違えて いるか? (2) 2011/2012 学年度 バンギル第 1 高校生の 十一年生 言語は 動詞の 活用形 『~ます形から ~ています形を かえた時』間違えた 理由は なんで あるか。 本研究は 質的 と 定量的で、記述的方法で 実施した。研究対象は 14 人の 高校生を対象にして テストや、 アンケートを受けさせた。この 研究の 結果は 次の 通りである。(1) 2011/2012 学年度 バンギル第1 高校生 の 十一年生 言語は、動詞の 活用形『~ます形から ~ています形を かえた 時』 間違えやすい のは、 動詞の 活用のルールは間違えた。 (2) 2011/2012 学年度 バンギル第1 高校生の 十一年生 言語は、動詞の 活用形『~ます形 から ~ています形を かえた時』間違えた 理由は、次の 通りである。(a) 動 詞の種類があまりわかっていないため, (b) 動詞の活用のルールは あまり わかっていないため, (c) 辞書形が あまり わかっていないため, (d) あまり こまくこと。
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR//FBS/2013/48/051301168 |
Uncontrolled Keywords: | Analisis kesalahan, verba bentuk ~masu, dan verba bentuk ~te imas |
Subjects: | 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 20 Feb 2013 11:50 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 06:01 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100018 |
Preview |
Text
Sampul-Sampul.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_1.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_II.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_III.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_IV.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_V.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |