BKG

Setyaningsih, Arin (2018) Upaya Pustakawan Dalam Meningkatkan Literasi Informasi Untuk Mahasiswa (Studi pada Perpustakaan Universitas Widyagama Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Literasi informasi merupakan pra-syarat dalam masyarakat informasi dan merupakan hak asasi manusia untuk belajar sepanjang hayat. Penerapan literasi informasi telah membawa perubahan terhadap peran dan fungsi perpustakaan perguruan tinggi. Salah satu program kegiatan perpustakaan yang dapat dilakukan bagi mahasiswa dengan informasi adalah program literasi informasi. Program kegiatan literasi informasi bertujuan agar mahasiswa menjadi orang-orang yang melek informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pustakawan dalam meningkatkan literasi informasi untuk mahasiswa di Perpustakaan Universitas Widyagama Malang. Penelitian tersebut berdasarkan model pemberdayaan delapan (empowering eight) meliputi mengidentifikasi informasi, mengekplorasi informasi, menyeleksi informasi, mengorganisasi informasi, menciptakan informasi, mempresentasikan informasi, menilai informasi, dan mengaplikasikan informasi serta kendala-kendala literasi informasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskripstif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman, mencakup koleksi data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan literasi informasi mahasiswa di Universitas Widyagama Malang berdasarkan model empowerig eight dapat disimpulkan belum efektif. Dikatakan belum efektif karena Perpustakaan Universitas Widyagama Malang belum melakukan program literasi informasi secara terstruktur. Beberapa saran diberikan berdasarkan hasil temuan. Pertama Perpustakaan Universitas Widyagama Malang perlu mengadakan program-program kegiatan yang bertujuan untuk pengembangan literasi informasi bagi para mahasiswa yang nantinya harus dilakukan secara lebih terstruktur. Kedua, para mahasiswa juga perlu meningkatkan lagi kemampuan literasi informasi berdasarkan tahapan-tahapan yang ada pada model empowering eight agar dapat memahami dan menggunakan informasi secara efektif dan efesien.

English Abstract

Information literacy is a pre-requisite in information society and a human right for lifelong learning. The application of information literacy has brought changes to the role and function of university libraries. One of the library activity that can be done for students using information is information literacy program. It aims to make students into people who are literate information. This research aims to determine the efforts of librarians in increasing the information literacy for students in Library of Widyagama University Malang. The research is based on empowering eight models including identifying, exploring, selecting, organizing , creating, presenting, assessing , and applying information; as well the constraints in conducting information literacy. This research used descriptive research with qualitative approach. In data collection, the research used interviews. The data analysis used interactive models from Miles and Huberman, including data collection, data condensation, data display, conclution and verification. The finding shows that students' information literacy in The Library of University Widyagama Malang based on empowering eight model is not effective. It is because, The Library of University Widyagama Malang has been not conducting information literacy program structurally. Some suggestion are also offered based on the finding. First, The Library of Widyagama University Malang need to hold some programs in order to develop the information literacy for student which should be done more structurally. Second, the students need to eleborate more their ability in information literacy based on the empowering eight model stages in order to comprehend and use information effectively and efficiently.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/51/051801667
Uncontrolled Keywords: Pustakawan, Literasi Informasi, Mahasiswa, Model Empowering Eight, Perpustakaan
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 023 Personnel management (Human resource management) > 023.2 Professional positions
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Yusuf Dwi N.
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9717
Text
BAGIAN DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item