Peran Pusat Informasi Pariwisata Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Wisatawan Kota Batu (Studi Pada Dinas Pariwisata Kota Batu)

Gadi, Hikmah (2018) Peran Pusat Informasi Pariwisata Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Wisatawan Kota Batu (Studi Pada Dinas Pariwisata Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pusat Informasi Pariwisata Kota Batu merupakan salah satu usaha yang dibentuk oleh pemerintah Kota Batu khususnya Dinas Pariwisata yang bertujuan untuk memberikan pelayanan secara langsung kepada wisatawan maupun masyarakat Kota Batu. Pusat Informasi Pariwisata memiliki tugas memberikan pelayanan kepada wisatawan, mempromosikan wisatwa di Kota Batu serta melaksanakan event atau kegiatan yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Kota Batu. Pusat Informasi Pariwisata tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Nomor: 188/02/422.103/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang peran Pusat Informasi Pariwisata tersebut serta usaha yang dilakukan Dinas Pariwisata Kota Batu dalam meningkatkan peran Pusat Informasi Pariwisata. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui teknik analisis data model interaktif menurut Miles, Huberman dan Saldana. Maka yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah Peran Pusat Informasi Pariwisata dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan serta usaha yang dilakukan Dinas Pariwisata dalam meningkatkan peran tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Pusat Informasi Pariwisata memiliki tugas utama memberikan pelayanan kepada wisatawan Kota Batu maupun masyarakat Kota Batu. Pelaksanaan Pusat Informasi Pariwisata tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu. Peran utama Pusat Informasi Pariwisata memberikan pelayanan kepada wisatawan berupa informasi, guide, dan mempromosikan pariwisata di Kota Batu. Usaha yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dalam meningkatkan peran tersebut dengan diberikan pelatihan, bimbingan teknis dan sertifikasi. Salah satu faktor penghambat dalam menjalankan peran adalah keberadaan Pusat Informasi Pariwisata yang belum diketahui secara luas oleh wisatawan maupun masyarakat Kota Batu. Berdasarkan itulah diperlukan kerjasama antara pemerintah Kota Batu khususnya Dinas Pariwisata, Pusat Informasi Pariwisata dan wisatawan maupun masyarakat Kota Batu.

English Abstract

Tourism Information Center is one of the efforts formed by the government of Batu City, especially the Department of Tourism which aims to provide services directly to tourists and the people of Batu Town. Tourism Information Center has the task of providing services to tourists, promoting tourists in the city of Batu as well as carrying out events or activities undertaken Batu City Tourism Office. Tourism Information center contained in the Decree of the Head of Batu Tourism Office No. 188/02 / 422.103 / 2017. This research aimed at describe and analyzing about the role of the Tourism Information Center and the efforts undertaken Batu City Tourism Office in improving the role of Tourism Information Center. In the research used descriptive research type with qualitative approach through analysis technique of Miles, Huberman and Saldana. Then the focus of the research is the role of the Center of Tourism Information in providing services to tourists and business undertaken by the Tourism Office in improving the role. The results showed that the role of Tourism Information Center has the main task of providing services to the tourists of Batu City and Batu City society. Implementation of Tourism Information Centers embodied in the Decree of the Head of Tourism Office of Batu City. The main role of the Tourism Information Center provides services to tourists in the form of information, guide, and promote tourism in Batu Town. The efforts undertaken by the Department of Tourism in improving the role with the given training, technical guidance and certification. One of the inhibiting factors in performing the role is the existence of the Tourism Information Center which is not widely known by tourists and Batu City people. Based on that required cooperation between the government of Batu City, especially the Department of Tourism, Tourism Information Center and tourists and the people of Batu City.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/70/051802228
Uncontrolled Keywords: Peran, Pusat Informasi Pariwisata, Pelayanan
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 18 Apr 2018 06:26
Last Modified: 26 Oct 2021 05:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9577
[thumbnail of SKRIPSI FIX.PDF]
Preview
Other
SKRIPSI FIX.PDF

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item