BKG

Zuriani, Tiara Suci (2018) Manajemen Perpustakaan Dalam Pelayanan Pemustaka (Studi Pada Dinas Perpustakaan Umum Dan Arsip Daerah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Perpustakaan bukan hanya sebuah gedung yang menyimpan informasi tetapi juga sebuah sistem informasi. Perpustakaan yang juga merupakan ruang publik tentu dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat sebagai pemustakanya. Pelayanan yang maksimal dapat tercipta dengan adanya manajemen perpustakaan yang baik. Manajemen perpustakaan digunakan agar pelayanan dapat lebih terorganisir dalam penyelenggaraannya. Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang adalah salah satu perpustakaan yang memiliki manajemen perpustakaan dalam menjalankan pelayanannya. Dan juga memiliki reputasi yang baik dalam pelayanan perpustakaannya. Namun, dalam praktiknya pelayanan pada Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang masih mendapat banyak keluhan dari pemustaka. Untuk itu perlu dikaji lebih lanjut mengenai manajemen perpustakaan dalam pelayanan pemustaka pada Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisa bagaimana manajemen perpustakaan dalam pelayanan pemustaka pada Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah. Apakah manajemen perpustakaan yang terkait dengan perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating), dan pengawasan (controlling) sudah dapat memberikan pelayanan yang baik bagi pemustaka. Serta untuk mendeskripsikan faktor – faktor pendukung yang membantu berjalannya pelayanan dan juga faktor – faktor penghambat yang menyebabkan tidak tercapainya pelayanan secara maksimal yang sesuai dengan fungsi manajemen. penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sudah memenuhi beberapa fungsi manajemen seperti perencanaan yang sudah terarah dengan membuat rencana kerja untuk jangka waktu 5 tahun, lalu kemudian dalam fungsi penggerakan yang selalu diberikan pengarahan, komunikasi dan juga motivasi kerja. Namun ditemukan beberapa hal dalam manajemen perpustakaan yang belum berjalan dengan baik seperti pada pengorganisasian yang dimana SDM yang masih kurang kompetensi dan pengetahuan informasi mengenai perpustakaan dan juga pengawasan yang belum maksimal karena masih adanya kegiatan yang telah direncanakan namun belum terlaksana.

English Abstract

Library is not just about a building that stores information but also an information system. Library which is also a public service that is required to be able to provide their service into maximum to the community as a users. Good service can be created with good library management. Library management in here is used for services to be more organized in the implementation. Malang City Public Library and Archives is one of the libraries that have library management in carrying out its services. And also has a good reputation in the library services. However, in practically, the service at Malang City Public Library and Archives still gets many complaints from the users. Therefore, it needed to be studied and further observed about library management at the Malang City Public Library and Archives. The purpose of this research is to know, describe, and analyze how about library management in library service at Malang City Public Library and Archives. Whether library management in here is related to planning, organizing, actuating, and controlling which is able to provide a good service to the users. And to describe the supporting factors that helping library services and also the inhibiting factors that causing the library service can not get into the maximum according with management functions. This research is descriptive by using qualitative approach. The methods of data collection is using observation, interviews, and documentation. The results of this study is indicate that it has fulfilled by several management functions, such as planning, Malang City Public Library and Archives has been directed by making a work plan for a period 5 years, then their actuating that is always given a direction, communication and also work motivation. But in some things, that found in the library management that has not run well, as in the organization where the human resources are still lacking of competence and knowledge about the library and also the supervision that has not been maximized because there are still many activities that have been planned but not implanted yet.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/57/051802215
Uncontrolled Keywords: Fungsi Manajemen, Layanan Perpustakaan, Perpustakaan Umum
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 025 Operations of libraries, archives, information centers > 025.5 Services for users
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Yusuf Dwi N.
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9546
Text
BAGIAN DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item