BKG

Ningrum, Pratama Ayu Widiya (2017) Hubungan Antara Komunikasi Efektif Bidan Dengan Indikator Yang Mempengaruhi Kepuasan Ibu Hamil Dalam Pelayanan Antenatal Care Di Puskesmas Tembelang Kabupaten Jombang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Komunikasi efektif adalah penyampaian informasi yang dilakukan oleh pengirim pesan terhadap penerima pesan dengan menerapkan lima prinsip dasar komunikasi efektif, yaitu respect, empathy, audible, clarity, humble yang sering disingkat dengan REACH. Komunikasi efektif bidan diharapkan meningkatkan kepuasan ibu hamil dalam pelayanan antenatal care, data di lapangan menunjukkan semakin efektif komunikasi bidan semakin puas pula ibu hamil yang mendapatkan pelayanan antenatal care. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi efektif bidan dengan indikator yang mempengaruhi tingkat kepuasan ibu hamil meliputi reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangible dalam mendapatkan pelayanan antenatal care. Instrument pada penelitian ini menggunakan kuisioner untuk mengidentifikasi komunikasi efektif bidan dan tingkat kepuasan ibu hamil dalam mendapatkan pelayanan antenatal care. Desain penelitian ini adalah survey dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Lima puluh enam ibu hamil yang mendapatkan pelayanan antenatal care di Puskesmas Tembelang dipilih sebagai responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisa data yang digunakan adalah chi square dengan α = 0.005 dan CI = 95%. Hasil uji statistik menunjukkan tingkat kepuasan ibu hamil dalam mendapatkan pelayanan antenatal care dipengaruhi oleh komunikasi efektif bidan (p = 0,029) dan komunikasi efektif meningkatkan tingkat kepuasan sebesar 9,7 kali dibandingkan dengan komunikasi tidak efektif (OR = 9,706).

English Abstract

Effective communication is the delivery of information made by the sender of the message to the recipient by applying the five basic principles of effective communication, namely respect, empathy, audible, clarity, humble which is often abbreviated with REACH. The effective communication of midwife is expected to increase the satisfaction of pregnant mother in antenatal care service, in the fact the data shows more effective communication of midwife more satisfied also labor who get service of antenatal care. This study aims to determine the correlation between effective communication between midwives and maternal satisfaction level with indicators of reliability, responsiveness, assurance, empathy and tangible in obtaining antenatal care services. Instrument in this research use questionnaire to identify the effective communication of midwife and satisfaction level of labor in getting antenatal care service. This research is survey by using cross sectional approach. Fifty-six pregnant women receiving antenatal care at Tembelang Health Center were selected as respondents using purposive sampling technique. Data analysis used is chi square with α = 0.005 and CI = 95%. The result of statistical test shows that the satisfaction level of pregnant mother in getting antenatal care service influenced by effective communication of midwife (p = 0,029) and effective communication to increase satisfaction level equal to 9,7 times compared with ineffective communication (OR = 9,706).

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2017/573/051801396
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Efektif,Tingkat Kepuasan, Kepuasan, Antenatal Care, Indikator Tingkat Kepuasan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 612 Human Physiology > 612.6 Reproduction, development, maturation > 612.63 Pregnancy and childbirth
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Yusuf Dwi N.
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9300
Text
Pratama Ayu Widiya N.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item