Hubungan Tingkat Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Amelia Pare Kabupaten Kediri

Herlyanto, Immanuel Rico (2017) Hubungan Tingkat Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Amelia Pare Kabupaten Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kepuasan pasien merupakan tujuan dan hasil yang ingin dicapai dari suatu pelayanan kesehatan. Salah satu aspek yang dapat meningkatkan kepuasan pasien adalah perawat, karena perawat merupakan tenaga kesehatan dalam jumlah yang besar dan memiliki waktu yang cukup banyak untuk bertemu dengan pasien. Untuk itu sangat penting perawat menerapkan caring dalam memberikan pelayanan dan asuhan keperawatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Pemilihan sampel penelitian untuk perawat menggunakan Total Sampling, dan pemilihan sampel pasien menggunakan Quota Sampling, masing-masing berjumlah 31 responden. Analisis data menggunakan uji statistic spearmen rank. Hasil uji univariat tingkat caring perawat sebagian besar memiliki kategori selalu caring dengan prosentase 71%, dan tingkat kepuasan pasien rawat inap sebagian besar memiliki kategori sangat puas dengan prosentase 54,8%. Hasil uji didapatkan bahwa p-value 0,000<0,05 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,811. Nilai tersebut menunjukkan ada hubungan yang signifikan dengan arah hubungan positif, artinya semakin tinggi tingkat caring perawat maka tingkat kepuasan pasien juga semakin tinggi. Diharapkan perawat di rumah sakit Amelia Pare dapat mempertahankan sikap caring dengan baik kepada semua pasien agar kebutuhan, keinginan, dan harapan pasien dapat terpenuhi.

English Abstract

The satisfaction of patients are the goal and outcomes that wants to be reached from a medical service. One of aspects that can increase the satisfaction of patients is the nurse because the nurse is the medical employee that has the largest amount and has the longer time to meet the patients. Because of this, it is important for the nurse to implement the caring way in giving the medical service and nursing treatment. This research is aimed to know the relationship between nurse caring level with hospitalized patient satisfaction level. This research uses the cross sectional approach. Samples for the nurses were selected by Total Sampling, and samples for patient selected by Quota Sampling, that consist of 31 respondents for each sampling. The datas were analyzed by statistic spearmen rank. The result showed that univariate test of nurse caring level mostly have always caring category with percentage of 71%, and univariate test of satisfaction level of hospitalized patient mostly have very satisfied category with percentage 54,8%. The result showed that p-value 0,000<0,05 and correlation coefficient is 0,811. That result shows that there is a significant relationship with the positive result that means the higher the level of nurse caring, the patient satisfaction will more high. It is expected that nurses at Amelia Pare hospital can maintain a good caring attitude to all patients so that their needs, wishes, and expectations can be fulfilled.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2017/240/051705376
Uncontrolled Keywords: Tingkat Caring Perawat, Tingkat Kepuasan Pasien
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 01 Aug 2017 06:28
Last Modified: 16 Oct 2020 02:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/906
[thumbnail of Immanuel Rico Herlyanto.pdf]
Preview
Text
Immanuel Rico Herlyanto.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item