BKG

Rahma, Mustika Iluni and Iswandari, Retno (2017) Kajian Pemilihan Trase dan Perencanaan Perkerasan Jalan Lingkar Timur Kabupaten Banyuwangi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Kabupaten Banyuwangi adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang terletak di ujung paling timur Pulau Jawa. Pertumbuhan perekonomian Kabupaten Banyuwangi terus meningkat dan bergerak secara positif, hal ini mempengaruhi tingkat keinginan masyarakat banyuwangi dalam melakukan pergerakan. Atas dasar tersebut maka pemerintah Kabupaten Banyuwangi merencanakan adanya pembangunan Jalan Lingkar timur Kabupaten Banyuwangi. Tujuan kajian ini (1) mengetahui kondisi eksisting tingkat pelayanan jalan yang ada saat ini di sekitar rencana pembangunan Jalan Lingkar Timur Kabupaten Banyuwangi, (2) mendapatkan trase terbaik dari beberapa alternatif untuk perencanaan jalan Lingkar Timur Kabupaten Banyuwangi, (3) merencanakan struktur perkerasan jalan dari trase yang terpilih untuk Jalan Lingkar Timur Kabupaten Banyuwangi. Terdapat beberapa tahapan pengerjaan dalam studi ini, tahapan yang pertama adalah mengetahui kondisi jalan eksisting ruas Banyuwangi-Rogojampi, tahap selanjutnya adalah menganalisa pemilihan trase terbaik untuk jalan Lingkar Timur Kabupaten Banyuwangi. Tahapan ketiga adalah menghitung prediksi arus lalu lintas terdiversi pada jalan baru dan menghitung bangkitan rumah tangga yang terjadi akibat adanya jalan baru, tahap ke 4 adalah menghitung prediksi arus lalu lintas pada masa mendatang, setelah 4 tahap tersebut, tahap terakhir adalah melakukanperhitungan struktur perkerasan lentur untuk jalan baru. Metode yang digunakan dalam pemilihan trase terbaik Jalan Lingkar Timur Kabupaten Banyuwangi adalah metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) dengan metode Diversi sebagai peramalan jumlah volume lalu lintas pada jalan baru. Kondisi lalu lintas ruas jalan eksisting dengan arah Banyuwangi-Rogojampi memiliki derajat kejenuhan terbesar adalah sebesar 0,449 sedangkan pada arah Rogojampi- Banyuwangi adalah sebesar 0,682. Mengingat pentingnya jalan alternatif bandara dan mengurangi masuknya kendaraan berat kota maka tetap diperlukan jalan alternatif. Dengan menggunakan metode AHP maka diperoleh nilai kinerja pada masing-masing alternatif, yaitu alternatif 1 dengan skor 1.599, alternatif 2 dengan skor 1.362 dan alternatif 3 dengan skor 1.476 maka didapatkan alternatif 1 terpilih menjadi trase terbaik. Dengan menggunakan kurva diversi dapat diketahui bahwa arus yang terdiversi ke jalan lingkar timur Kabupaten Banyuwangi adalah sebesar 56%, dengan jumlah volume terdiversi sebesar 5978 smp/hari. Untuk perhitungan struktur perkerasan lentur jalan baru dengan nilai CESA sebesar 221.150.838 dan mengacu pada manual desain perkerasan jalan Nomor 02/M/BM/2013, maka diperoleh tebal lapisan perkerasan 10 cm, lapisan pondasi atas 20 cm dan lapisan pondasi bawah 20 cm.

English Abstract

Banyuwangi regency is one of the regencies in East Java province located at the easternmost tip of Java island. Economic growth of Banyuwangi Regency continues to increase and move positively, this affects the level of desire of the people of Banyuwangi in doing the movement. On that basis, the government of Banyuwangi Regency is planning the development of East Circle Road of Banyuwangi Regency. The purpose of this study (1) to know the existing condition of the existing road service level around the development plan of the East Lingkar Road of Banyuwangi Regency, (2) to get the best trace from several alternatives for planning of East Circle of Banyuwangi Regency, (3) pavement design structure of the selected trase for the Eastern Ring Road of Banyuwangi Regency. There are several stages of work in this study, the first stage is to know the condition of the existing road Banyuwangi-Rogojampi segment, the next stage is to analyze the best selection of trails for the East Circle road Banyuwangi regency. Third step is to calculate the prediction of diversified traffic flow on new roads and calculate the rise The fourth stage is to calculate the predicted traffic flows in the future, after the four stages, the last stage is to calculate the pavement structure of Bending for the new road. The method in this study of selection trase is use AHP, with diversy method for forcasting volume of new road. The condition of existing road traffic with Banyuwangi-Rogojampi direction has the greatest saturation degree is 0,449 where as in the direction of Rogojampi-Banyuwangi is 0,682. Given the importance of alternative airport roads and reduced heavy vehicles into the city then still needed an alternative road. By using the Analitycal Hierarchy Process (AHP) merode, the performance value of each alternative is 1 with 1.599 score, alternative 2 with score 1,362 and alternative 3 with score 1,476 then 1 alternative is selected to be the best trace. Using divergent curve, it can be seen that the diversified flow to the eastern ring road of Banyuwangi Regency is 56%, with the total volume distributed 5978 smp/day. For the calculation of new bending pavement structures with CESA values of 221.150.838 and referring to the manual of pavement design No. 02/M/BM/2013, the thickness of the pavement layer is 10 cm, the foundation layer is 20 cm and the bottom layer of 20 cm.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/476/051705625
Uncontrolled Keywords: pemilihan trase, perencanaan perkerasan lentur, AHP (Analitycal Hierarchy Process), Kabupaten Banyuwangi
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 625 Engineering of railroads and roads > 625.7 Roads
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/902
Text
Rahma, Mustika Iluni and Iswandari, Retno.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item