BKG

Sari, Khusnul Laila (2017) Analisis Pelaksanaan Promosi Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Perpustakaan perguruan tinggi sangatlah penting untuk dapat menunjangdan memfasilitasi kegiatan belajar mengajar dan sarana penelitian. Mengingatpentingnya peran perpustakaan ini, diperlukan kegiatan promosi perpustakaanuntuk meningkatkan minat kunjung pengguna perpustakaan. Tujuan penelitian iniyaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisa pelaksanaan promosi yangdilakukan oleh Perpustakaan Universitas Negeri Malang dari segi media yangdigunakan, serta mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam promosiperpustakaan.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatankualitatif. Lokasi di Universitas Negeri Malang dengan situs PerpustakaanUniversitas Negeri Malang. Informan penelitian ini adalah pegawai dan penggunaPerpustakaan Universitas Negeri Malang. Pengumpulan data dilakukan denganobservasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakanMiles, Huberman, & Saldana (2014:14) dengan melakukan kondensasi data,penyajian data, penarikan dan verifikasi kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dapat diketahui pelaksanaan kegiatanpromosi yang diterapkan dilihat dari media yang digunakan yaitu (1) publikasi,melalui media tercetak yang dapat berupa brosur, banner, pembatas buku; mediaelektronik website dan sosial media facebook dan twitter; media penyelenggarakegiatan berupa pameran, ceramah dan seminar, bazar, wisata perpustakaan danlayanan baru berupa Kafe Pustaka. (2) kontak perorangan, (3) penciptaan suasanaatau lingkungan kondusif (atmospheric). Pelaksanaan promosi yang dilakukanbelum dapat berjalan dengan maksimal dikarenakan keterbatasan jumlah SumberDaya Manusia dan minimnya anggaran dana. Selanjutnya dapat diketahui jugafaktor penghambat dari dalam perpustakaan yang meliputi terbatasnya jumlah dankualitas Sumber Daya Manusia, anggaran dana yang belum mencukupi kebutuhanperpustakaan. Hal ini yang dapat menghambat dalam peningkatan jumlahkunjungan perpustakaan. Sedangkan faktor penghambat dari luar adalah faktorsosial berupa minat kunjung pengguna perpustakaan. Kemudian yang menjadifaktor pendukung adalah memadainya gedung perpustakaan yang membuatpengguna merasa nyaman serta adanya layanan pendukung berupa Kafe Pustakayang menjadi daya tarik tersendiri bagi perpustakaan Universitas Negeri Malang.

English Abstract

A college library is very important to be able to support and facilitate thelearning process and research facilities. Remember the importance of the library,required the promotion of library to interest been users of library. The purpose ofthis research which is to described and then to analyze the implementation of apromotion by UM library in terms of medium used, and to knows factors whichhinder and supporters in promoting the library.This research using descriptive methods with a qualitative approach.Locations in Malang State University (UM) with the site UM library. Researchinformants is employees and users. Data collection was carried out byobservation, interviews, and documentation. Analysis of data using Miles,Huberman & Saldana (2014:14) by doing data condensation, presentation of data,withdrawal and verification of conclusion.The result of research showed that it can be seen the implementation of thepromotion that applied in UM library seen from medium used, that is (1)publication, through media that can be printed, that is brochures, banner, parapetof books; via electronic media, that is website and social media facebook andtwitter; through the activities like the exhibition, lectures and seminar, bazaar, alibrary tour and new service of Kafe Pustaka. (2) individuals contact, (3) thecreation of the environment conducive (atmospheric). The promotion was notgoing well because limitations on human resources and financial resources. Nextit known the barrier inside of the library includes limited the quantity and qualityof human resources, the budget has not provided for library. This is what couldhinder increase the number of visits library. The barrier outsite is social factor itmeans users interest to go to library. Then be supporting factors of a promotion isthe library building that makes user feel comfortable and the service of KafePustaka that has the own attraction for UM library.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1307/051801853
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 021 Realtionships of libraries, archives, information centers > 021.7 Promotion of libraries, archives, information centers
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Yusuf Dwi N.
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8939
Text
BAGIAN DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item