BKG

Immarani, Yuzi (2017) Implementasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Kesehatan (Studi Pada Kantor BPJS Kesehatan Kota Mataram). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) adalah program yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat. Program ini juga telah dilaksanakan di Kantor BPJS Kota Mataram. Namun, di Kantor BPJS Kota Mataram mengalami kendala dalam implementasi program jaminan kesehatan ini yaitu masih banyaknya masyarakat yang kurang memahami tentang pentingnya jaminan kesehatan dalam pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana implementasi program jaminan kesehatan nasional (JKN) khususnya di Kota Mataram dan untuk mengetahui apakah pelaksaaan program ini telah mencapai target atau tidak. Penelitian ini juga menjelaskan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi program jaminan kesehatan nasional di Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Fokus penelitian ini adalah Target Implementasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kota Mataram dan Implementasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kota Mataram. Penelitan ini dilaksanakan mulai tanggal 19 Juni 2017 s/d 8 Agustus 2017. Peneliti menggunakan teknik wawancara untuk memperoleh data beserta informasi dari kantor BPJS Kota Mataram. Pada tahap wawancara, penulis telah melakukan wawancara dengan Kepala Bidang Sumber Daya Manusia, Umum dan Komunikasi Publik; Staff Komunikasi Publik; dan Masyarakat peserta JKN. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di daerah khususnya Kota Mataram yakni masih tergolong belum efektif dan optimal. Hal ini dapat dibuktikan dengan masih kurangnya tingkat kesadaran masyarakat tentang pentingnya program JKN ini. Sehingga pihak Kantor BPJS pun masih perlu mencari cara untuk merekrut peserta. Yaitu dengan cara goes to market sebagai salah satu cara untuk mencapai target merekrut peserta. Penelitian ini menyarankan agar Kantor BPJS Mataram Perlu untuk mengadakan forum diskusi rutin yang dihadiri oleh berbagai pihak misalnya dari masyarakat, akademisi, wartawan, dan seluruh stakeholder terkait, dalam rangka mengevaluasi pelaksanaan program JKN serta memberikan masukan serta solusi terkait permasalahan yang ada dilapangan.

English Abstract

Jaminan Kesehatan National (JKN) is a program hosted by central government. This program also held on BPJS office Mataram City. BPJS office of Mataram City encounter a difficulty in implementing this program, that there are still many of cetizen who do not understand about the importance of health insurance ih health service. The research aims is for explaining how to implementing this program especially in Mataram City and for find out wether this implementation of the program have reached the target or not. This research also explain the supporting and inhibiting factors in the implemenation of this program at Mataram City. The implementation of this program in Mataram City, as effort to improve health services is not considered as good enough and not in accordance with previous policy that has been made. This is proven that there are many of cetizen who have not registered as National Social health insurance participants and still many of them underestimate this program. In this research the author used qualitative study. This research started from 19th of June 2017 until 8th of August 2017. Uses interview technique to obtain the data along with information from national social health insurance office branch in Mataram City. At the interviews stage, the author has conducted interviews with Head of Human Resources, General and Public Communication, Public Communication Staff, and JKN Participants. The result show is showing that implementation National Social health insurance program especially in the Mataram City which is still considered not effective and optimal this is evidenced that still luck of citizen awareness about the importance of this program, so the part of the BPJS office should find the ways to recruits participants. That is by “goes to market” as one of the ways to reach target to recruit participants. From this research that has been done, findings suggest that BPJS office of Mataram branch need to hold regular discussion forums which attented by several parties, such as societies, academics, journalist, and other relevant stakeholder in order to evaluate the implementation JKN program along with feedback as well as solutions related to the problems that exist in the field.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1256/051801364
Uncontrolled Keywords: Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Kota Mataram, Pemerintah, Masyarakat
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.6 Public administration of health services > 353.69 Health insurance
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Yusuf Dwi N.
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8787
Text
Yuzi Immarani.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item