BKG

Febriani, Cicillia Shinta (2017) Integrated Marketing Communication dalam Memasarkan Desa Ngadas sebagai Desa Wisata melalui Tradisi Petek’an (Tes Keperawanan) di Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan aktivitas integrated marketing communication terhadap Tradisi Petek’an yang dilakukan oleh Lembaga Desa Wisata Ngadas untuk memasarkan Desa Ngadas sebagai sebuah desa wisata yang kental akan adat istiadat. Penelitian ini berfokus pada aspek- aspek komunikasi khususnya komunikasi pemasaran yang tertuang dalam integrated marketing communication (bauran komunikasi pemasaran). Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, dan juga dokumentasi. Teknik pemilihan informan yang digunakan adalah teknik sampling convenient, sedangkan teknik analisis data menggunakan Miles, Huberman & Saldana yaitu pengumpulan data, penyajian data, kondensasi data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Penelitian ini juga menggunakan keabsahan data berupa triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa integrated marketing communication yang dilakukan oleh Lembaga Desa Wisata Ngadas terhadap Tradisi Petek’an hanya sebatas word of mouth saja. Kurangnya promosi terhadap tradisi ini disebabkan karena tidak adanya tanggal pelaksanaan yang pasti, hal inilah yang menyebabkan Tradisi Petek’an tidak dapat masuk ke dalam kalender event Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang sehingga wisatawan kurang menyadari adanya tradisi unik yakni Tradisi Petek’an di Desa Wisata Ngadas. Tidak adanya rangkaian acara juga menjadi factor penghambat dalam mempromosikan tradisi ini, sehingga peneliti tertarik untuk membuat konsep rangkaian acara agar wisatawan dapat melihat unsure hiburan dalam tradisi ini. Selain dua faktor di atas, lokasi pelaksanaan Tradisi Petek’an yang kurang luas dan juga sikap masyarakat Ngadas yang lebih mengutamakan sector pertanian dibandingkan sector pariwisata semakin membuat Tradisi Petek’an kurang dikenal oleh wisatawan dan hal inilah yang menyebabkan kehadiran Desa Wisata Ngadas kurang disadari oleh wisatawan.

English Abstract

This research is intended to draw and describe the combination of integrated marketing communication toward Petek'an Tradition that conducted by Ngadas Tourism Village Institution to market Ngadas village as a tourism village that is thick with customs. This research focus in Marketing communication aspects especially integrated markering communication. The researcher used qualitative descriptive method and data collection technique using deep interview, and also documentation. The technique of selecting informant used convenient sampling, and data analysis technique using model by Miles, Huberman & Saldana that are data collection, display data, condensation data, and withdrawal and verification. This research also using data validity by triangulation method. The results of this research indicate that the integrated marketing communication that conducted by the Ngadas Tourism Village Institution toward the Petek'an Tradition is only limited in word of mouth. Lack of promotion on this tradition because there is no definite implementation date, this is why the Petek'an Tradition can not enter into Department of Tourism and Culture of Malang Regency’s event calendars, so that the tourists are less aware of the tradition of Petek'an Tradition in Ngadas Tourism Village. The absence of a series of events is also a factor inhibiting to market the tradition, so that researcher is interested to create the concept of a series of events so that tourists can see the elements of entertainment in this tradition. In addition to these two factors, the location of the Petek’an Tradition which is less widespread and also the attitude of the Ngadas community which prioritizes the agricultural sector of the tourism sector makes the Petek'an tradition less well known by tourists and this is why makes Ngadas Village less aware by the tourists.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/1184/051801383
Uncontrolled Keywords: Integrated Marketing Communication, Tradisi Petek’an, Desa Wisata
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.14 Development > 307.141 2 Rural development
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8777
Text
Cicillia Shinta Febriani.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item