BKG

Putri, HanyTriaKusuma (2017) Peningkatan Kemampuan Menceritakan Kembali Cerita Anak Melalui Media Boneka Tangan Pada Siswa Kelas V SDN KlenangLor 1 Kabupaten Probolinggo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Dalam proses pembelajaran guru lebih sering menggunakan metode ceramah yaitu guru masih menyampaikan materi dengan membaca buku, dan disertai dengan contoh-contoh yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Hal lain yang menjadi hambatan adalah guru masih memberikan contoh melalui media laptop, LCD, dan radio pada materi pembelajaran bahasa Indonesia. Dalam penelitian ini, peneliti memberikan solusi untuk menggunakan media pembelajaran yang unik, kreatif, serta mampu menjadikan siswa lebih aktif dalam memahami pembelajaran.Media tersebut berupa media pembelajaran boneka tangan, media pembelajaran ini berguna untuk membantu siswa berpikir secara sistematis dan berkonsentrasi pada materi pelajaran yang diajarkan.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas, penelitian ini lebih mengarah ke dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yaitu pembelajaran pada siklus I sebanyak 9 siswa (31%) yang tuntas, sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 20 siswa (68%), hasil tersebut jika dirata-rata akan memperoleh hasil 62,10. Hasil pembelajaran keterampilan berbicara pada siklus II sebanyak 27 siswa (93%) yang memperoleh nilai tuntas, dan 2 siswa (6%) yang memperoleh nilai rendah. Hasil tersebut jika dirata-rata akan memperoleh hasil 82,89.Sehingga terjadi peningkatan sebesar 62% atau 20,79 dari hasil pembelajaran pada siklus I ke siklus II.

English Abstract

Teacher often use convensional lecturer methods in giving explanation on the learning process, it is a method in which teacher explain or deliver a lesson or subject matter and give examples by reading book. In other hand, teacher also give examples or explanation by using media such as laptop, LCD, and radio. Because of that reason, this study will give solution to that problem. The researcher suggests teachers to use a unique and creative learning media. So that students will be more active in understanding the lesson given by the teacher. The learning media is puppet. Puppet used to help students thinks systematically and concern on the subject or lesson taught to them. This study adopts an action classroom research which more direct to classroom learning activities. The results show that the learning activities scores increase from cycle I to cyle II. In cycle I, there are 9 students (31%) have complete learning whereas 20 students (68%) have uncomplete learning. Meanwhile the learning result of speaking skills in cycle II shows that 27 students (93%) have complete learning and 2 students (6%) get lower scores. In conclusion the learning result increase from 62,10 in average to 82,89 in average, so it has increased 62% or 20,79 in average from cycle I to cycle II.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/876/051800549
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, hasil pembelajaran.
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8392
Text
Putri, HanyTriaKusuma.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item