BKG

Pratiwi, Kholis Hapsari and Widyastuti, Ika (2017) Kajian Pemilihan Trase dan Perencanaan Geometrik Ramp Jalan Tol Studi Kasus: Jalan Tol Kediri-Kertosono,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Kabupaten Kediri merupakan salah satu daerah yang mengalami pertumbuhan ekonomi yang pesat karena menjadi pusat perekonomian dan perdagangan daerah sekitarnya meliputi Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Tulunganggung, Kabupaten Blitar, dan Kota Kediri. Peningkatan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kediri menimbulkan peningkatan lalu lintas salah satunya di wilayah Kediri-Kertosono menuju Surabaya atau sebaliknya sehingga sering terjadi kemacetan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu adanya pembangunan jalan baru yaitu jalan tol yang menghubungkan Kediri dan Jalan Tol Trans- Jawa. Oleh karena itu, tujuan kajian ini adalah untuk mengkaji pemilihan trase terbaik dari beberapa alternatif dan merencanakan geometrik jalan tol dari trase yang terpilih. Untuk melakukan kajian ini, diperlukan beberapa tahapan kajian, yaitu survei kondisi lapangan, survei penentuan kriteria dengan metode Cut Off Point, survei AHP, dan survei geometrik. Survei kondisi lapangan dan survei geometrik dilakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi Google Earth dan meninjau dengan kondisi di wilayah studi saat ini. Sedangkan survei penentuan kriteria dan AHP dilakukan dengan metode wawancara kepada 31 orang responden. Sedangkan data sekunder didapatkan dari instansi terkait. Analisis menetukan trase terbaik menggunakan metode AHP. Kriteria yang digunakan berasal dari studi terdahulu dan pendapat responden, serta diolah dengan menggunakan metode Cut Off Point. Sedangkan pada perencanaan geometrik untuk ramp Tol Kediri-Kertosono dilakukan dengan mengacu pada peraturan Standar Geometri Jalan Bebas Hambatan Untuk Jalan Tol No.007/BM/2009. Dari hasil survei lapangan, terdapat 3 alternatif yang memungkinkan, yaitu alternatif 1, alternatif 2, dan alternatif 3. Setiap alternatif memiliki kelebihan dan kekurangan masingmasing. Kriteria yang berpengaruh pada analisis AHP yaitu kriteria aksesibilitas, waktu tempuh, teknis, pembebasan lahan, dan pengembangan wilayah. Dari hasil analisis AHP, didapatkan nilai terbesar alternatif yaitu alternatif 3 (1,607), alternatif 1 (sebesar 0,92), dan alternatif 2 (0,338). Sehingga didapatkan kesimpulan bahwa alternatif 3 adalah alternatif terbaik dan memiliki efisiensi yang tinggi. Perencanaan geometrik ramp pada alternatif terpilih dihasilkan 14 tikungan horizontal dan 4 tikungan kombinasi vertikal-horizontal. Tikungan horizontal terdiri dari 2 lengkung spiral-circle-spiral dan 12 lengkung spiral-spiral. Sedangkan lengkung kombinasi terdiri dari 4 lengkung vertikal cembung dan 4 lengkung vertikal cekung. Melihat kondisi lapangan, direncanakan kecepatan di ramp sebesar 40 km/jam dan 60 km/jam. Jari-jari rencana didapatkan hasil jari-jari maksimum sebesar 130 meter dan jari-jari minimum sebesar 50 meter. Untuk tikungan kombinasi didapatkan nilai kelandaian maksimum sebesar 3,42 %. Kesimpulan dari kajian perencanaan geometrik dihasilkan perhitungan tikungan memenuhi kondisi di lapangan. Saran dari perencanaan geometrik yaitu pada bagian tikungan ramp diberikan rambu-rambu sebelum tikungan untuk tidak melampaui batas kecepatan 40 km/jam dikarenakan ada beberapa titik yang tidak memenuhi persyaratan jarak pandang menyiap.

English Abstract

Kediri Regency is one of region that progressing rapidly economic development. Because, Kediri Regency is an economic and trading center of its surrounding, it covers Nganjuk Regency, Tulungagung Regency, Blitar Regency, and Kediri City. Increased economic development in Kediri Regency cause in raising traffic in Kediri-Kertosono region to and from Surabaya City. In that case, it causes traffic congestion in Kertosono district. To solve this problem, it is necessary to build a new highway, a toll road connecting Kediri Regency to Trans-Java Toll Road. So, the purpose of this study is to examine the best route selection of several alternatives and to design the geometric of toll roads from selected route. To undertake this study, several stages of the study are required, including field conditions surveys, survey of criteria determination using Cut Off Point method, AHP surveys, and geometric surveys. Surveys of field conditions and geometric surveys are done using the Google Earth application and review it to conditions in the existing area. While the criteria and AHP determination survey was conducted by interview method to 31 respondents. While the secondary data obtained from related agencies. The analysis determines the best trace using the AHP method. Criteria are derived from previous studies and opinion of respondents, and processed by using Cut Off Point method. Whereas in geometric planning on ramp of Kediri-Kertosono Toll Road is analyzed by referring on regulation of Standard Geometry of Freeway for Toll Road No.007 / BM / 2009 (Standar Geometri Jalan Bebas Hambatan Untuk Jalan Tol No.007/BM/2009). Based on field condition surveys, there are 3 possible alternatives, they are 1st alternative, 2nd altenative, and 3rd alternative. Every alternative has its advantages and disadvantages. Criteria that influence the AHP analysis are accessibility criteria, travel time, technical, land acquisition, and regional development. From the AHP analysis, biggest alternative value is obtained, they are 3rd alternative (1,607), 1st alternetive (equal to 0,92), and 2nd altenative (0,338). Therefore, it can be concluded that 3rd alternative is the best alternative and has high efficiency.Geometric design on ramp from the selected alternative results 14 horizontal curves alignment and 4 vertical-horizontal combination curves. Horizontal curves consists of 2 spiral-circle-spiral curves and 12 spiral-spiral curves. While the combination curves consist of 4 vertical crest curves and 4 vertical sag curves. According field conditions, velocities on ramp are designed of 40 km/hour and 60 km/hour. Maximum radius design obtained is about 130 meters and minimum radius design is 50 meters. Maximum grade value obtained is approximately 3,42 %. Form geometric design study, it can be concluded that the calculation of curves meet the condition in the field. Suggestion of geometrisc design that it is important to put traffic sign in ramp before the curves so the drivers do not exceed the speed limit of 40 km/hour, because there are some points that do not meet the requirements of visibility view.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/474/051705526
Uncontrolled Keywords: AHP (Analytical Hierarchy Process), Cut Off Point, Geometrik, Ramp, Jalan Tol.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 625 Engineering of railroads and roads > 625.7 Roads
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/789
Text
Pratiwi, Kholis Hapsari and Widyastuti, Ika.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item