BKG

Abdulgani, Asma Amalia (2017) Penentuan Strategi Dan Rute Distribusi Compressed Natural Gas Untuk Meminimasi Waktu Di Pt. Excelsior Strategy Mandiri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

PT Excelsior Strategy Mandiri merupakan produsen CNG (Compressed Natural Gas) yang memasok kebutuhan CNG di Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas PT. PLN Batam. Setiap harinya CNG dikirimkan ke PLTMG Tokojo dan PLTMG Kijang yang digunakan untuk bahan bakar alternatif. Karena menggunakan transportasi laut, arus pasang dan surut yang ekstrim dapat terjadi dan akan menyebabkan kapal yang mengangkut tube skid bermuatan CNG tidak dapat merapat ke pelabuhan untuk bongkar muat, dan fasilitas pelabuhan yang digunakan tidak didesain khusus untuk transportasi CNG. Akibatnya distribusi CNG dapat terhambat dan menyebabkan pasokan CNG terlambat. Perusahaan telah memiliki rute yang saat ini digunakan dan alternatif rute namun belum ada analisis pemilihan rute. Tujuan penelitian ini, dapat meminimasi waktu tempuh, meminimasi jarak tempuh, meminimasi biaya pengiriman CNG. Selain itu, tujuan penelitian ini untuk menghitung unit cost 1 MMBTU.km. Penelitian ini menggunakan simulasi Monte Carlo dengan strategi distribusi direct shipment dan penyimpanan sementara. Simulasi Monte Carlo digunakan untuk menggambarkan distribusi waktu pengiriman dengan pendekatan distribusi probabilitas. Arus pasang surut merupakan kejadian probabilistik karena terdapat unsur alam yang sulit diprediksi. Sehingga dengan menggunakan simulasi Monte Carlo, rentang waktu pengiriman dapat diketahui. Selain itu jarak tempuh, biaya transportasi, dan unit cost 1MMBTU.km akan dihitung dan dibandingkan sehingga dapat diketahui rute mana yang akan dipilih. Hasil penelitian ini, faktor yang digunakan dalam menentukan rute dan strategi distribusi CNG PT. Excelsior Strategy Mandiri adalah waktu, jarak, dan biaya distribusi. Waktu menjadi faktor utama dalam pemilihan rute dan strategi untuk menghindari keterlambatan pengiriman. Rute dan strategi distribusi saat ini menggunakan strategi direct shipment dan membutuhkan waktu tempuh yang berada pada interval 15 jam 10 menit dan 18 jam 34 menit, jarak tempuh 95,43km dan biaya total distribusi sebesar Rp 20.340.435 Sedangkan rute dan strategi distribusi rekomendasi menggunakan strategi penyimpanan sementara dengan waktu pengiriman, jarak tempuh, dan biaya distribusi terkecil. Dengan waktu tempuh berada pada interval 10 jam 58 menit dan 15 jam 46 menit, jarak tempuh total adalah 60,35 km, dan biaya total distribusi sebesar Rp17.086.337. Unit cost pada strategi direct shipment adalah Rp0,0305/MMBTU.km. Sedangkan unit cost strategi penyimpanan sementara lebih kecil yaitu Rp0,0257/MMBTU.km. Oleh karena itu, rute dengan strategi penyimpanan sementara dapat digunakan PT. Excelsior Strategy

English Abstract

PT. Excelsior Strategy Mandiri is a manufacturer of CNG (Compressed Natural Gas) that supplies the needs of CNG for Gas Engine Power Plant (PLTMG) PT. PLN Batam. CNG is delivered to PLTMG Tokojo and PLTMG Kijang to be used for alternative fuel. Because of sea transport, tidal flow can occur and will cause the vessels that carry skid tubes unable to dock to ports for loading and unloading, and the port facilities are not specifically designed for CNG transportation. As a result, the CNG distribution may be hampered, CNG supply are delayed. The company already has the route currently used and alternative route, but there is no analysis of route determination. The purposes of this study are to minimize deliery time, minimize mileage, and minimize distribution cost. Other than that, it is used for the calculation of unit cost 1 MMBTU.km. This research used Monte Carlo simulation with direct shipment and temporary storage distribution strategy. Monte Carlo simulation is used to describe the distribution of delivery time by probability distribution approach. Tidal flow are probabilistic events that contain natural elements and cannot easily be predicted. So, by using Monte Carlo simulation, the delivery time range can be known. And also mileage, distribution cost and unit cost 1MMBTU.km will be calculated and compared so the best route can be determined. The results of this study, factors that used in determining the route and distribution strategy CNG are time, distance, and distribution costs. Time becomes a major factor in route selection and strategy to avoid delays in delivery. Current routes and distribution strategies use direct shipment strategies and require delivery time at intervals of 15 hours 10 minutes and 18 hours 34 minutes, the total mileage is 95.43km and total distribution cost is Rp 20.340.435. While the recommended route used temporary storage strategy with smallest delivery time, mileage, and distribution cost. Delivery time is at intervals of 10 hours 58 minutes and 15 hours 46 minutes, the total mileage is 60.35km, and total distribution cost is Rp17.086.337. The unit cost of direct shipment strategy is Rp0,0305/MMBTU.km. While the unit cost of temporary storage strategy is Rp0,0257/MMBTU.km. Therefore, temporary storage strategy can be used by PT. Excelsior Strategy Mandiri.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/1133/051800331
Uncontrolled Keywords: Strategi Distribusi, Simulasi Monte Carlo, Transportasi Laut, Distribution Strategy, Monte Carlo Simulation, Water Transportation
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 518 Numerical analysis > 518.2 Specific numerical methods > 518.282 Monte Carlo method
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7836
Text
Asma Amalia Abdulgani.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item