BKG

Hermawan, Ridwan (2017) Analisis Rantai Pasok (Supply Chain) Kambing Peranakan Etawah Saat Dan Pasca Hari Raya Idul Adha Di Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Ternak kambing tersebar luas di Kabupaten Malang dengan populasi cukup tinggi sebesar 3.178.197 ekor. Kecamatan Wonosari merupakan salah satu daerah yang berada di Kabupaten Malang yang memiliki potensi usaha peternakan cukup tinggi salah satunya kambing Peranakan Etawah (PE). Permintaan kambing setiap tahun menjadi sebuah peluang usaha yang memiliki potensi untuk dikembangkan, permintaan semakin meningkat mendekati periode Idul Adha dengan harga yang lebih tinggi, ditambah periode tersebut selalu ada setiap tahun. Selain itu proses pemasaran yang masih bersifat tradisional menjadikan harga dan rantai pasok dalam proses pemasaran tergolong beragam, sehingga menarik untuk diteliti lebih lanjut khususya tentang analisis rantai pasok kambing PE periode pasca dan saat Idul Adha yang terdiri dari perhitungan presentase margin dan margin harga serta efisiensi rantai pasok sebab dengan mengetahui perhitungan ekonomi dan rantai pasok maka dapat dilihat perbedaan pola rantai pasok dan harga yang ada di peternakan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Penentuan sampel untuk peternakan menggunakan metode purposive sampling dan penentuan untuk lembaga pemasaran menggunakan snowball sampling. Analisi data menggunakan analisis deskriptif yaitu margin pemasaran dan persentase margin serta farme share price pada masingmasing pola pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 3 macam jalur pemasaran kambing pada masing-masing periode yaitu 1. Periode Idul Adha : pola I. peternak - blantik - konsumen (masyarakat). Pola II peternak - blantik - pedagang luar kota luar provinsi. Pola III peternak blantik lembaga keagamaan. Periode pasca Idul Adha : pola I peternak - blantik pedagang pengecer. Pola II peternak- blantik- pengusaha rumah makan. Pola III peternak - pedagang blantik - pedagang luar kota dalam provinsi Pola pemasaran kambing PE periode Idul Adha pada pola I didapatkan total margin pemasaran jantan sebesar Rp. 100.000,-/ekor. Margin pemasaran kambing betina adalah Rp.100.000,-/ekor. Rantai pasok kambing pola II kambing jantan didapatkan total margin pemasaran kambing jantan Rp. 140.000,-ekor dan kambing betina total margin yang didapatkan adalah Rp. 197.000,- /ekor. Pada rantai pasok pola III total margin kambing jantan Rp. 280.000,-/. Margin pemasaran kambing betina Rp. 200.000,-/ekor. Periode Pasca Idul Adha total margin rantai pasok pola I kambing jantan adalah Rp. 240.000,-. Kambing betina total margin adalah Rp. 197.000,-/ekor dari total penjualan peternak sampai dengan pedagang pengecer. Pola II vii total didapatkan untuk jantan Rp. 320.000,-/ekor dan betina Rp. 350.000,-/ekor. Rantai pasok pola III total margin kambing jantan Rp. 240.000,-/ekor sedangkan nilai margin betina Rp. 177.000,-/ekor. margin Kesimpulan dari penelitian ini adalah margin tertinggi rantai pasok kambing PE di Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang berdasarkan periode yaitu : Idul Adha : kambing PE jantan dan betina pada pola III dengan margin pemasaran sebesar Rp. 280.000/ekor dan kambing betina Rp. 200.000,- /ekor. Pada pasca Idul Adha : kambing PE jantan pada pola II Rp. 320.000,-/ekor dan kambing PE betina Rp 350.000,-/ekor. Rantai pasok paling efisien periode Idul Adha untuk kambing PE jantan dan betina adalah pola I dilihat dari farmer price share jantan 95,24% dan betina 92,29%. Pasca Idul Adha rantai pasok paling efisien adalah pada pola I untuk kambing jantan dengan farmer price share 88,00%. Kambingcbetina pada pola III dengan farmer price share 90,17%. Margin tertinggi penjualan kambing PE yaitu terdapat pada pasca Idul Adha pada pola II dengan margin pemasaran kambing jantan Rp.320.000,-/ekor dan betina Rp 350.000,-/ekor. Hasil ini mengindikasikan bahwa semakin pendek rantai pasok maka semakin efisien suatu pemasaran. Saran dari peneliti strategi yang dapat dilakukan oleh produsen/peternak untuk meningkatkan efisiensi adalah dengan memperluas pasar pemasaran. Memperluas pasar dapat ditempuh dengan memperbesar permintaan konsumen dan pelaksanaan pemasaran tertata.

English Abstract

The research was conducted at Wonosari Sub District Malang Regency on 26th October to 4th December 2016, because farmers a lot inolved the sale of a goat Etawah crossbred. The research Method it’s the survey method. Determining of sample selected by purposive sampling method, the provision inolved with a marketing, wholesalers and retailers who chosen by snowball sampling method. Data were analysis using decription analysis that is marketing margin, and margin presentase marketing from a marketing channel. Result showed that there was three kind with marketing channel from each period. Eid al-Adha namely pattern :I. Producers (Farmer) - wholeselers - Consumers (Society). Pattern II. Producers (Farmer) - wholeselers - agents outside of the town and province. Pattern III. Producers (Farmer) - wholeselers - religion institution. Margin high marketing goat etawah crossbred namely pattern III with marketing high margin IDR 280.000 and marketing margin goat female IDR 200.000. Marketing high margin pasca Eid al-Adha male goat namely pattern II marketing margin IDR320.000 and female goat high marketing margin IDR 350.000. The high efficient of supply chain marketing Eid al-Adha period was pattern I with farmer price share 95,24% and female 92,29%. The high efficient pasca Eid al-Adha period was pattern I with farmer price share 88,00 and female was pattern III with farmer price share 90,17 %.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2017/179/051704875
Uncontrolled Keywords: Etawah crossbred, Eid al-Adha, Wholesalers
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.3 sheep and goats > 636.300 688 Sheep--Marketing
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Kustati
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/731
Text
Bagian Depan.pdf

Download | Preview
Text
BAB I.pdf

Download | Preview
Text
BAB II.pdf

Download | Preview
Text
BAB III.pdf

Download | Preview
Text
BAB IV.pdf

Download | Preview
Text
BAB V.pdf

Download | Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item