BKG

Oktavania, Pepry Ayu (2017) Kepuasan Pengunjung Terhadap Fasilitas Umum Berdasarkan Kriteria Servicescape (Studi Kasus Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Tingginya kebutuhan manusia dalam melakukan perjalanan lintas Negara menyebabkan tingginya pula permintaan dalam pembuatan identitas seseorang saat berada di luar negeri seperti Surat Perjalanan Republik Indonesia (SPRI) atau yang sering dikenal dengan paspor, surat ijin tinggal, surat status keimigrasian, dan lain sebagainya. Tingginya kebutuhan tersebut diimbangi dengan tingginya jumah pemohon pembuatan surat kepada direktorat imigrasi dan menyebabkan tingginya pemohon yang datang ke kantor imigrasi di daerah masing-masing. Hal tersebut juga terjadi pada kantor imigrasi kelas I Tanjung Perak, yang sebagian besar dipenuhi oleh pemohon pembuatan Surat Perjalanan Republik Indonesia (SPRI) atau paspor. Sistem pelayanan pada Kantor Imigrasi kelas I Tanjung Perak baru mengalami perubahan yang cukup baik dari sistem pelayanan sebelumnya. Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak sudah menerapkan sistem OSS (one stop service). Sistem OSS (One Stop Service) memiliki keunggulan dari pada sistem pelayanan sebelumnya karena proses pelayanan yang mudah dan cepat. Untuk dapat mengimbangi sistem pelayanan yang sudah cukup baik pentingnya meningkatkan kualitas lingkungan fisik Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak yang mendukung dan dapat mewadahi aktivitas pelanggan Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak. Lingkungan fisik yang mencakup aktivitas pengunjung adalah berupa fasilitas umum. Salah satu kriteria lingkungan fisik yang dapat digunakan untuk mengetahui kepuasan pengunjung adalah kriteria servicescape. Hasilnya adalah kriteria servicescape yang terbagi menjadi tiga yaitu ambient condition, spatial layout and functionality, symbol and artefact dapat mempengaruhi kepuasan pengunjung yang di fokuskan pada ruang tunggu. Selajutnya sub variabel pada ketiga variabel tersebut yang memiliki kepuasan tertinggi pengunjung Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak untuk dapat dipertahankan sedangkan sub variabel yang memiliki hasil responden atau pengunjung Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak dengan tingkat kepuasan terdendah maka perlu untuk dilakukan peninjauan atau peningkatan kualitas yang lebih baik. ` Hasil kedua dari kriteria servicescape tersebut dapat dilihat sub variabel yang paling dominan digunakan untuk mengetahui kepuasan pengunjung pada Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak yang diharapkan nantinya menjadi fokus utama dalam upaya peningkatan kondisi lingkungan fisik sehingga dapat mendukung aktivitas menunggu proses pembuatan paspor yang membutuhkan waktu yang panjang didalam sebuah ruang.

English Abstract

The high human need in traveling across the country has caused a high demand for the identity of a person while abroad such as Travel Letter of the Republic of Indonesia (SPRI) or often known as passport, residence permit, immigration status certificate, and so forth. The high demand is offset by the high number of applicants making a letter to the immigration directorate and causing high applicants who come to the immigration office in their respective areas. It also happens at the first grade immigration office Tanjung Perak, which is mostly filled by applicants for the passport. The service system at the First Class Immigration Office of Tanjung Perak has undergone quite a good change from the previous service system. First Class Immigration Office Tanjung Perak has implemented OSS (one stop service) system. OSS system (One Stop Service) has advantages of the previous service system because the service process is easy and fast. To be able to balance the service system that is good enough the importance of improving the quality of the physical environment of the First Class Immigration Office Tanjung Perak that supports and can accommodate the activities of Immigration Class I Tanjung Perak. The physical environment that includes visitor activity is in the form of public facilities. One of the physical environmental criteria that can be used to find out visitor satisfaction is the criteria of servicescape. The result is the criteria servicescape divided into three ambient conditions, spatial layout and functionality, symbol and artefact can affect the satisfaction of visitors who focus on the waiting room. Subsequently, the sub-variables in the three variables that have the highest satisfaction of the visitors of Immigration Office Class I Tanjung Perak to be maintained while the sub-variables that have the results of respondents or visitors of the Immigration Office Class I Tanjung Perak with the lowest level of satisfaction it is necessary to do a review or improvement of quality more good. The second result of the servicescape criteria can be seen the most dominant sub variable used to know the satisfaction of visitors at the Immigration Office Class I Tanjung Perak is expected to be the main focus in an effort to improve the physical environment conditions so that it can support the activity of waiting for the process of making a passport that takes a long time in a space.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/1042/051711628
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Umum, Kriteria Servicescape, Kepuasan Pengunjung.
Subjects: 700 The Arts > 725 Public structures > 725.1 Government buildings
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6913
Text
PEPRY AYU OKTAVANIA.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item