BKG

Tantia, Yebrin (2017) Strategi Promosi Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat(Studi pada Perpustakaan Umum Daerah Kota Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis kegiatan promosi yang di lakukan oleh Perpustakaan Umum Daerah Kota Blitar. Serta untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat apa saja yang ada dalam pelaksanaan strategi promosi perpustakaan di Perpustakaan Umum Daerah Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini adalah petugas dan pengguna di Perpustakaan Umum Daerah Kota Blitar. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa strategi promosi yang diterapkan di Perpustakaan Umum Daerah Kota Blitar yaitu advertensi, promosi penjualan, kontak langsung dan publisitas. Strategi promosi yang di lakukan Perpustakaan Umum Daerah Kota Blitar sudah berjalan dengan baik karena sudah sesuai dengan kebutuhan Perpustakaan Umum Daerah Kota Blitar. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah pengunjung dan tanggapan positif pengguna perpustakaan, selain itu banyak kegiatan-kegiatan yang dilakukan Perpustakaan Umum Daerah Kota Blitar sehingga dapat menarik perhatian dari pengguna sekaligus memperkenalkan fasilitas dan layanan yang ada di Perpustakaan Umum Daerah Kota Blitar. Selanjutnya Faktor pendukung dalam strategi promosi di Perpustakaan Umum Daerah Kota Blitar adalah gedung perpustakaan yang memadai dan koleksi yang lengkap. Sedangkan faktor penghambat dalam sterategi promosi di Perpustakaan Umum Daerah Kota Blitar ada dua yaitu sumber daya manusia dan anggaran dana.

English Abstract

The purpose of this research is to find out described and analyze promotional activities that in doing by Public Library of Blitar City. As well as to find out described, and analyze factors advocates and inhibitors of what all that was in the implementation of a strategy of promotion library in the Public Library of Blitar City. This study using methods descriptive with a qualitative approach. Informan of this study is the officials and users in the Public Library of Blitar City. Data collection is done with observation, interview, and documentation. The result of this research can be known that the promotion of strategies applied in the Public Library of Blitar City is advertising,sales promotions ,direct contact and publicity. Promotional strategies that in doing the Library of Surabaya Bank Indonesia has been running with good because it in accordance with the needs of the Public Library of Blitar City. This can be seen from the number of visitors and a positive response library users, in addition many activities conducted by the Public Library of Blitar City so it can attract attention from users as well as introduce facilities and services that are in the Public Library of Blitar City. Next the supporters in the promotion in the Public Library of Blitar City is building a library of adequate and complete collection. While the barrier in sterategy promotion in the Public Library of Blitar City there are two is a factor in the library are the human resource and funds.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1109/051712057
Uncontrolled Keywords: strategi promosi, perpustakaan, minat baca
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 021 Realtionships of libraries, archives, information centers > 021.7 Promotion of libraries, archives, information centers
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6223
Text
Yebrin Tantia.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item