Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) (Studi Pada SMAN 2 Malang

Tristiana, Azizah Ajeng (2017) Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) (Studi Pada SMAN 2 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMAN 2 Malang, yang diperkuat dengan gerakan penumbuhan budi pekerti sebagaimana dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015. Penelitian ini dengan teori Implementasi Edward III menggunakan pendekatan top-down yang meliputi variabel: komunikasi, sumber daya manusia, disposisi, dan struktur birokrasi. Penelitian ini dengan tujuan (1) untuk mengetahui gambaran tentang implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMAN 2 Malang pada tahap pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran; (2) mengetahui faktor implementasi yang sesuai dengan model kebijakan Edward III yaitu, komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Fokus pada penelitian adalah (1) Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMAN 2 Malang pada tahap pelaksanaan, yaitu pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran; (2) faktor yang mempengaruhi implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian, kegiatan Gerakan Literasi Sekolah mempunyai lima komponen literasi yaitu literasi dasar, literasi perpustakaan, literasi media, literasi teknologi, dan literasi visual. Namun di SMAN 2 Malang masih pada literasi dasar, literasi perpustakaan dan telah menghasilkan beberapa program kegiatan GLS. Selanjutnya implementasi GLS di SMAN 2 Malang telah terlaksana dengan baik sesuai teori Edward III (1980).

English Abstract

This research was conducted to find out the implementation of School Literacy Movement (SLM) in SMAN 2 Malang,which is supported by the movement of character improvement as stated Regulation of the Minister of Education and Culture No. 23 years 2015. This research based on the theory of Implementation Edward III using top-down approach Which includes variables: communication, human resources, disposition, and bureaucratic structure. The purposes of this study are (1) to find out the description of the implementation of School Literacy Movement (SLM) in SMAN 2 Malang at the phase of habituation, development, and learning; (2) to know the implementation factors in accordance with the Edward III policy model those are, communication, resources, disposition and bureaucratic structure The research method used descriptive research with qualitative approach. Data collection techniques used interviews. The focus of the research were (1) School Literacy Movement (SLM) at SMAN 2 Malang at the implementation phase, namely habituation, development, and learning; (2) factors affecting the implementation of the School Literacy Movement (SLM). Data analysis method in this study using interactive models Miles, Huberman, and Saldana. The results of the research, School Literacy Movement activities have five components of literacy, namely basic literacy, library literacy, media literacy, technology literacy, and visual literacy. However in SMAN 2 Malang is still on the basic literacy, library literacy and has produced several programs of SLM activities. Furthermore, the implementation of SLM in SMAN 2 Malang has been implemented well according to the theory of Edward III (1980).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/487/0517064330
Uncontrolled Keywords: Implementasi kebijakan, Gerakan Literasi Sekolah (GLS)
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 028 Reading and use of other information media > 028.9 Reading interests and habits
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 29 Nov 2017 01:42
Last Modified: 04 Nov 2020 02:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6153
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item