BKG

Chodiriyah, Impro Atin (2017) Pengelolaan Juru Parkir di Tepi Jalan Umum dalam Memberika Pelayanan kepada Masyarakat (Studi pada UPTD Tata Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Pada tahun 2015, terdapat 133 lokasi di Kota Blitar yang dijadikan tempat parkir. Lokasi-lokasi tersebut ditentukan oleh Pemerintah Daerah sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Adanya juru parkir resmi memberikan manfaat yang besar bagi Kota Blitar yaitu dalam pelayanan kepada masyarakat, kesempatan kerja, keamanan dan ketertiban parkir serta pendapatan daerah. Maka dari itu pengelolaan juru parkir sangat penting untuk diperhatikan. Namun tujuan dari juru parkir resmi belum tercapai secara maksimal. Hal ini dipengaruhi oleh faktor pendukung dan faktor penghambat pengelolaan juru parkir. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisa pengelolalaan juru parkir di tepi jalan umum dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta untuk mendeskripsikan dan menganalisa faktor pendukung dan penghambat yang dialami dalam melakukan pengelolaan juru parkir di tepi jalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Adapun metode kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini untuk mendapatkan data baik secara lisan melalui wawancara maupun data – data tertulis terkait pengelolaan juru parkir di UPTD Tata Perparkiran Dinas Perhubungan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Data Model Miles, Huberman dan Saldana. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pengelolaan juru parkir di tepi jalan umum mencakup 4 cara yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan juru parkir. Berdasarkan temuan data di lapangan terdapat data yang sesuai dan tidak sesuai. Dari penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa jumlah juru parkir tidak sebanding dengan bagian pengawasan sehingga mengakibatkan lemahnya pengawasan, kurangnya kendaraan patroli yang mendukung pengawasan juru parkir, minimnya anggaran untuk menunjang operasional layanan di instansi dan minimnya kualitas sumber daya pegawai. Pengelolaan juru parkir juga dipengaruhi oleh faktor pendukung dan faktor penghambat. Solusi untuk meningkatkan kinerja pegawai UPTD Tata Perparkiran dalam melakukan tugasnya yaitu dengan melakukan upaya evaluasi tentang perencanaan instansi dalam merekrut juru parkir resmi, melakukan pemetakan juru liar, melakukan pembinaan kepada juru parkir resmi dan liar secara disiplin serta melakukan upaya pengawasan dengan tegas jika ada yang melanggar peraturan. Hal ini bertujuan agar semua juru parki resmi dan liar dapat mematuhi peraturan dan instansi dapat mencapai tujuan dalam mengelola juru parkir di tepi jalan umum.

English Abstract

On 2015, there are 133 locations in Blitar City which are used as parking lots. These locations are determined by the Regional Government suitable with the determinationof the laws and regulations. The presence of an official parker gives great benefits for Blitar City such as to give service to the public, to give job opportunities, to give parking security and regulation and alsoto get local revenue. Therefore the management of the parkeris very important to noted. But the purpose of an official parker has not been reached maximally. This is influenced by the supporting factors and inhibiting factors of parkermanagement. The purpose of this study is to describe and analyze the management of the parker at the public side way in providing services to the society and also to describe and analyze the supporting factors and inhibiting factors to do parker management in the side way. The method which is used in this research is qualitative research method. The qualitative methods which is used in this study is to get oral data by interviewing the Parker and also to get written information related to the management of parker in the UPTD Parking System of Transportation Department in providing services to the Society. The data analysis which is used in this research is Data Analysis Miles, Huberman and Saldana’s Model. Based on the result of the research, it is concluded that the management of the parker at the public side way consist of 4 methods are the planning, organizing, directing, and supervising the parking attendant. From the research, it was found that the quantity of the parker was not comparable with the supervision department so that it can caused low supervision, lowpatrol’s transportation to support the parker supervision, low budget to support the service operation in the insitution and alsolow official resources. Parker management is also influenced by supporting factors and inhibiting factors. The solution to improve the performance of UPTD Parking System to do their duties is evaluating agency planning in recruiting official parking officers, performing illegal interpreters, conducting coaching officially and illegally in a disciplined parking area and undertaking strict surveillance if there is any violation of the regulations. It is intended that all official and wild park interpreters are able to comply with regulations and agencies can achieve the goal of managing a public roadside parker.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/642/051708300
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan, juru parkir
Subjects: 300 Social sciences > 354 Public administration of economy and environment > 354.7 Public administration of commerce, communications, transportation > 354.76 Transportation > 354.765 Automotive transportation
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5988
Text
Impro Atin Chodiriyah.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item