BKG

Astuti, Diah Puji (2017) Pengembangan Minat Kunjung Siswa Melalui Kegiatan Promosi Perpustakaan (Studi Pada Perpustakaan Mtsn Jambewangi Kabupaten Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Perpustakaan MTsN Jambewangi Blitar merupakan salah satu lembaga yang berfungsi sebagai tempat belajar siswa dan guru. Perpustakaan MTsN Jambewangi Blitar telah melaksanakan berbagai kegiatan promosi perpustakaan untuk mengembangkan minat kunjung siswa ke perpustakaan. Sesuai data kunjungan perpustakaan, tingkat kunjungan siswa ke perpustakaan pada tahun ajaran 2014/ 2015 hingga tahun 2016/ 2017 mengalami penurunan tiap tahunnya. Tujuan dari penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif ini adalah mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis pengembangan minat kunjung siswa melalui kegiatan promosi di Perpustakaan MTsN Jambewangi Kabupaten Blitar serta faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan minat kunjung perpustakaan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah dengan cara pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif oleh miles, huberman, dan saldana (2014) dengan melakukan kondensasi data, penyajian data, dan terakhir yaitu penarikan dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan minat kunjung siswa melalui program promosi yang di lakukan oleh perpustakaan MTsN Jambewangi melalui beberapa kegiatan yaitu menetapkan jadwal kunjungan siswa ke perpustakaan, pemilihan the best reader, sosialisasi perpustakaan MTsN Jambewangi ke tiap-tiap kelas, promosi melalui poster dan majalah dinding di lingkungan MTsN Jambewangi, kerjasama dengan berbagai pihak, kegiatan pojok baca. Hanya kegiatan pemilihan the best reader yang termuat dalam Program Kerja Perpustakaan MTsN Jambewangi sedangkan kegiatan yang lainnya tidak dibentuk secara tertulis. Kegiatan tersebut belum mendapat perhatian khusus dari pihak pustakawan maupun pihak sekolah. Kegiatan promosi perpustakaan serta data kunjungan tidak pernah dilakukan evaluasi. Faktor yang mendukung dalam pengembangan minat kunjung siswa yaitu pelayanan yang ramah, koleksi perpustakaan sesuai dengan kurikulum sekolah, dan partisipasi guru dan siswa dalam memanfaatkan perpustakaan. Selain faktor pendukung, terdapat pula faktor penghambat yaitu kegiatan promosi tidak terorganisir dengan baik, runag perpustakaan yang sempit dan letaknya kurang strategis, sumber daya manusia dan media promosi yang terbatas, dan anggara.

English Abstract

Library of MTsN Jambewangi Blitar is an institution by function of students and teachers learning places. Library of MTsN Jambewangi Blitar had been conducted several promotion activities of library promotion to develop students’ visitation interest to library. Based on data on library visitation, the level of students’ interest to library in 2014/ 2015 to 2016/ 2017 has decreased annually. The purpose of this descriptive research with qualitative approach is to know, to describe, and to analyze the development of students’ visitation through promotion activities in library of MTsN Jambewangi Blitar regency also supporting and inhibiting factors in developing library visitation. Data collection technique conducted by the researcher is by observation, interview, and documentation. Data analysis technique used is interactive model by Miles, Huberman and Saldana (2014) by conducting data condensation, data presentation, and the last is drawing and verification conclusions. Result of the study shows that the development of students’ visitation interest through promotion program conducted by library of MTsN Jambewangi by several activities are determining schedule of students’ visitation to library, selecting “the best reader”, socialization of library of MTsN Jambewangi to every class, promotion through poster and wall magazine in MTsN Jambewangi, cooperation with several parties, reading corner activity. Only activity of choosing the best reader included in Library Work Program of MTsN Jambewangi while other activity is not formed in written. The activity has not special attention from librarian or school. Promotion activity of library also visitation data is never had evaluation. Supporting factor in the development of students’ visitation interest is friendly service, library collection based on school curriculum, and teachers’ and students’ participation in utilizing library. Beside supporting factor, there is also inhibiting factor, they are promotion activity that is not organized well, narrow library room and the location is less strategic, human resources and limited promotion media and budget.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/741/051708428
Uncontrolled Keywords: minat kunjung, promosi perpustakaan, perpustakaan sekolah.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 021 Realtionships of libraries, archives, information centers > 021.7 Promotion of libraries, archives, information centers
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5893
Text
Diah Puji Astuti.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item