Analisis Layanan Pengguna Perpustakaan Keliling Di Alun-Alun Kota Malang (Studi Pada Layanan Perpustakaan Keliling Dinas Perpustakaan Umum Dan Arsip Daerah Kota Malang)

Susanto, I Made Prasetyo Hadi (2017) Analisis Layanan Pengguna Perpustakaan Keliling Di Alun-Alun Kota Malang (Studi Pada Layanan Perpustakaan Keliling Dinas Perpustakaan Umum Dan Arsip Daerah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang tidak hanya memberikan layanan informasi yang terbatas pada gedung perpustakaan umum saja. Dinas perpustakaan umum juga memberikan layanan berupa perpustakaan keliling yang bertujuan untuk memberikan layanan informasi kepada masyarakat secara langsung. Salah satu mobil perpustakaan keliling Dinas perpustakaan Umum dan Arsip daerah Kota Malang diberi nama Mobil Warta. Mobil Warta tidak hanya berisi bahan pustaka, mobil warta juga dilengkapi dengan fasilitas peralatan audio visual, dan peralatan bermain untuk anak-anak. Tujuan dari penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis layanan pengguna perpustakaan keliling di Alun-alun Kota Malang, serta untuk mengetahui kualitas layanan pengguna melalui persepsi pengguna perpustakaan keliling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah dengan cara melakukan pengamatan, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Model Interaktif oleh Miles, Huberman, Saldana (2014) dengan melakukan kondensasi data, penyajian data, dan yang terakhir adalah penarikan dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa layanan pengguna pada perpustakaan keliling di Alun-alun Kota Malang sudah cukup baik. Perpustakaan keliling di Alun-alun Kota Malang sudah memiliki beberapa jenis layanan pengguna seperti layanan membaca di perpustakaan, layanan bercerita, pemutaran film, dan layanan refrensi. Beberapa layanan pengguna sudah dapat berjalan dengan baik, namun masih terdapat layanan pengguna yang belum dapat berjalan dengan optimal karena terdapat kendala dari internal pihak pengelola perpustakaan keliling. Kualitas layanan pengguna perpustakaan keliling di Alun-alun Kota Malang dinilai melalui persepsi pengguna mengenai empat komponen layanan pengguna yang berkualitas meliputi koleksi, fasilitas, sumber daya manusia, dan layanan perpustakaan. Persepsi pengguna menunjukan bahwa, kualitas layanan pengguna perpustakaan keliling di Alun-alun Kota Malang sudah cukup baik. Dari komponen koleksi menunjukan kategori kurang baik, komponen fasilitas menunjukan kategori cukup baik, komponen sumber daya manusia menunjukan kategori baik, dan yang terakhir komponen layanan perpustakaan menunjukan kategori cukup baik.

English Abstract

Department of Public Library and Region Archives of Malang City not only provide limited information services to public library building but also Public libraries provide mobile library services that aim to provide information services to the community directly. One of the library cars around the Public Library Service and Town Region archives are named Mobil Warta . Mobil Warta not only contains library materials, but also news cars are equipped with audio visual equipment, and play equipment for children. The purpose of this descriptive research with qualitative approach is to know, describe, and analyze user service of mobile library in Square of Malang City, and to know the quality of user service through perception of mobile library user. Data collection techniques conducted by researchers is to make observations, interviews, and documentation. Data analysis technique used is Interactive Model Analysis by Miles, Huberman, Saldana (2014) by conducting data condensation, data presentation, and the last is withdrawal and verification conclusion. The results of this study indicate that the user service on the mobile library in the Square of Malang City is good enough. The mobile library in Square of Malang City already has several types of user service such as library reading service, story telling service, movie screening, and refference service. Some user services have been able to run well, but there are still user service that have not been able to run optimally because there are constraints from the internal management of the mobile library. The quality of mobile library user service in Square of Malang City is assessed through user perceptions of four components of quality user service including collection, facilities, human resources, and library service. User perception shows that, the service quality of mobile library user service in Square of Malang City is good enough. From the components of the collection showed the category is not good, the components of the facility showed good enough category, the human resources component showed good category, and the last component of the library service showed good enough category.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1025/051710467
Uncontrolled Keywords: perpustakaan keliling, layanan pengguna, kualitas layanan.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 027 General libraries, archives, information centers > 027.5 Government libraries
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 20 Nov 2017 01:55
Last Modified: 29 Dec 2020 00:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5686
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item