BKG

man, Us (2017) Pengaruh Pesan dalam Iklan Layanan Masyarakat Anti Rokok Terhadap Purchase Intention ( Studi Elaboration Likelihood Model pada Perokok Aktif). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Elaboration Likelihood Model merupakan sebuah model yang mempredikasi kapan dan bagaimana individu akan terpersuasi. Model yang dikembangkan oleh Petty dan Cacioppo ini mengasumsikan bahwa ada dua rute yang dapat digunakan individu dalam memproses pesan, yaitu rute sentral dan rute periferal. Ketika individu berhati-hati dan memikirkan pesan akan cenderung memproses pesan melalui rute sentral, sebaliknya ketika individu tidak berhatihati dan tidak memperhatikan pesan akan memperhatikan isyarat periferal Penelitian ini menggunakan Elaboration Likelihood Model untuk menjelaskan pengaruh pesan Iklan Layanan Masyarakat Anti Rokok “Robby” terhadap Purchase Intention terhadap perokok aktiv. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dari paradigma positivistik. Jenis penelitian adalah adalah eksperimental dengan membagi responden menjadi dua kelompok ekperimen dan kontrol. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 60 orang perokok aktiv yang mempunyai usia antara 18-25 tahun. Hasil uji hipotesis independent sample T-test menunjukkan terdapat pengaruh pesan Iklan Layanan Masyarakat Anti Rokok “Robby” terhadap Purchase Intention. Hasil analisis menyimpulkan bahwa purchase intention sebagai perubahan keinginan bersifat lebih permanen karena lebih cenderung diproses pada rute sentral. Sehingga perubahan sikap yang akan ditimbulkan akan lebih mengarah pada positif

English Abstract

Elaboration Likelihood Model is a model that predicts when and how individuals will be privileged. The model which is developed by Petty and Cacioppo assumes that there are two routes that individuals can use in processing messages, namely central routes and peripheral routes. When individuals are careful and think of messages will tend to process messages through the central route, otherwise when individuals are not careful and do not pay attention to messages will pay attention to peripheral cues This study uses Elaboration Likelihood Model to explain the effect of the "Robby" Anti-Raw Cigarette public Service Advertisement message to Purchase Intention on active smokers. This research uses quantitative method of positivistic paradigm. The type of research is experimental by dividing the respondents into two experimental and control groups. The sample used in this research is as many as 60 people active smokers who have age between 18-25 years. The result of hypothesis test of independent sample T-test shows that there is influence of advertisement of Anti-Raw Cigarette Public Service "Robby" to Purchase Intention. The results of the analysis concluded that purchase intention as a change of desire is more permanent because it is more likely to be processed on the central route. So that attitude changes will be generated will be more positive

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/950/051711283
Uncontrolled Keywords: Elaboration Likelihood Model, Iklan layanan masyarakat, Purchase intention
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 679 Other products of specific kinds of materials > 679.7 Products of tobacco > 679.73 Cigarettes
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5461
Text
Usman.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item