BKG

Fatmawati, Ainun (2017) Peran Community Engagement sebagai Keberhasilan Program Tayangan My Trip My Adventure Trans TV. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran community engagement sebagai keberhasilan program tayangan My Trip My Adventure yang ditayangkan di Trans TV. Community engagement yang akan diteliti adalah beberapa Komunitas My Trip My Adventure yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Penelitian ini berfokus untuk mengetahui serta menganalisis peran dan keterlibatan yang di lakukan oleh komunitas My Trip My Adventure sebagai wujud keberhasilan sebuah program acara Wisata dan Budaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang didefinisikan oleh Bogdan & Taylor dalam (Moleong, 2007, h.4) ialah penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati secara langsung. Penelitian ini menggunakan model analisis oleh Miles, Huberman & Saldana (2014, h.16) yang diantaranya ialah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada empat peran community engagement yang dapat ditemukan pada penelitian ini. Pertama, komunitas My Trip My Adventure berhasil mendapatkan penghargaan sebagai The Best PR Marketing yang diselenggarakan oleh MIX Magazine. Kedua, salah satu faktor tingginya rating program My Trip My Adventure adalah seringnya My Trip My Adventure melibatkan komunitas. Ketiga, membantu mempermudah proses produksi Acara, Keempat, menjaga nama baik Trans TV. Dan keberhasilan program My Trip My Adventure dapat dilihat dari tujuh elemen menurut Morissan (2005). Engagement yang terjadi dalam jangka panjang dinilai sangat menguntungkan media televisi dan program.

English Abstract

This study aims to determine the role of community engagement as the success of My Trip My Adventure Which aired on Trans TV. Community engagement to be studied are some My Trip My Adventure Community spread in various regions in Indonesia. This study focuses on knowing and analyzing the role and involvement that is done by My Trip My Adventure community as a form of success of a program of Tourism and Culture event. The type of research used is descriptive qualitative which is defined by Bogdan & Taylor in (Moleong, 2007, p.4) is research that produce descriptive data in the form of written or oral words from people and behavior that can be observed directly. This research uses analytical model by Miles, Huberman & Saldana (2014, p.16) which is data reduction, data presentation, conclusion and verification. The results show that there are four roles of community engagement that can be found in this research. First, My Trip My Adventure community was awarded the Best PR Marketing organized by MIX Magazine. Second, one of the high rating factors of My Trip My Adventure program is the frequent My Trip My Adventure involving the community. Third, help simplify the production process Events, Fourth, keep the good name Trans TV. And the success of My Trip My Adventure program can be seen from seven elements according to Morissan (2005). Engagement that occurs in the long term is considered highly profitable television media and programs.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/755/051708040
Uncontrolled Keywords: Community Engagement, Audience, Media Innovation
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4943
Text
Ainun Fatmawati.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item