BKG

Rahman, Muhammad Irfan Noor (2017) Probabilitas Pemilihan Moda Antara Kendaraan Pribadi Dengan Transportasi Air Kota Banjarmasin. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Kemacetan telah menjadi salah satu dampak dari perkembangan moda transportasi darat yang semakin meningkat terutama di daerah perkotaan, salah satunya Kota Banjarmasin. Hal tersebut membutuhkan adanya strategi yang berbeda atau tidak konvensional, salah satunya dengan mengembangkan transportasi sungai. Perkembangan moda transportasi yang bergitu pesat membuat penggunaan transportasi sungai semakin ditinggalkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesediaan masyarakat bila transportasi sungai dikembangkan berdasarkan variabel yang diteliti, yaitu karakteristik perjalanan, karakteristik pelaku perjalanan, karakteristik sistem moda transportasi sungai serta karakteristik kebijakan. Dilakukan Analisis Statistik Deskriptif dan Analisis Multinomial Logit terhadap 4 karakteristik tersebut kemudian diketahui bahwa variabel yang berpengaruh terhadap pemilihan moda adalah tujuan perjalanan(XTP), waktu pergerakan (XWP), panjang perjalanan (XPP), jenis perjalanan (XJP), pendapatan (XPend), kondisi kendaraan (XKondisi), kepemilikan kendaraan (XMilik), struktur keluarga (XSK), ukuran keluarga (XUK), jenis kelamin (XJK), lifestyle (XLS), pekerjaan (XPek), lama perjalanan (XLP), load factor (XLF), travel time (XTT), kebijakan biaya pajak kendaraan (XPajak), kebijakan parkir (XParkir), kebijakan angkutan sungai (XSungai), dan kebijakan pembatasan kepemilikan kendaraan pribadi (XPembatasan). Hasil dari permodelan disimulasikan kedalam strategi probabilitas dimana strategi dengan memaksimalkan nilai sistem pelayanan moda transportasi air menghasilkan persentase 70%, strategi dengan memaksimalkan nilai kebijakan menghasilkan persentase 73% dan strategi dengan memaksimalkan nilai pelayanan serta kebijakan menghasilkan persentase 83%.

English Abstract

Traffic Congestion has become one of the impacts from the development of the transportation modes mostly in urban areas, one of them is Banjarmasin city. Therefore, it is necessary to have a different or an unconventional strategies, which is by developing the inland waterways transportation. The use of the inland waterways transportation began to abandone since the transportation modes growth rapidly. This study aims to determine the extent of community willingness when river transportation is developed based on the variables studied, that is travel characteristics, characteristics of travelers, characteristics of river transportation system and policy characteristics. Conducted Descriptive Statistical Analysis and Multinomial Logit Analysis of the four characteristics it is known that the variables affecting the mode choice are purpose of trip (XTP), movement time (XWP), length of trip (XPP), type of trip (XJP), income (XPend), mode condition (XKondisi), mode ownership (XMilik), family structure (XSK), family size (XUK), gender (XJK), lifestyle (XLS), jobs (XPek), long of trip (XLP), travel time (XTT), load factor (XLF), policy of vehicle tax (XPajak), parking policy (XParkir), policy of inland waterways transportation (XSungai), and policy of restriction on private vehicle ownership (XPembatasan). The result of modeling is simulated into probability strategy where strategy by maximizing value of water transportation service system resulted in the percentage of 70%, strategy by maximizing policy value resulted in the percentage of 77% and strategy by maximizing service value and policy resulted in the percentage of 83%.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/832/051708675
Uncontrolled Keywords: Pemilihan-Moda, Transportasi-Air, Probabilitas, Multinomial-Logit, Banjarmasin.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 625 Engineering of railroads and roads > 625.7 Roads
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/3115
Text
Rahman, Muhammad Irfan Noor.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item