BKG

La Shinta, Annisa Citra (2017) Optimalisasi Penggunaan Alat Berat pada Proyek Tol Pandaan-Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Pembangunan Jalan Tol Pandaan-Malang merupakan proyek yang digunakan untuk memperlancar transportasi di Pulau Jawa. Sangat penting untuk kelancaran arus lalu lintas dan bermanfaat untuk memperlancar perekonomian, khususnya kota Surabaya dan Malang. Tol ini memiliki panjang 38 km dan pembangunan pada seksi 1 (Kabupaten Pasuruan 14,5 km). Pada proyek pembangunan jalan tol membutuhkan alat berat karena alat berat merupakan solusi yang bisa membantu pada proses pekerjaan pembangunan terutama pada pekerjaan mekanis. Data yang digunakan adalah data lapangan, time schedule, gambar kontur existing dan rute perjalanan. Pada penelitian ini, pekerjaan yang dianalisa adalah pekerjaan penggalian tanah (quarry) dan pengangkutan material tanah. Lingkup pembahasan yaitu pada optimalisasi alat berat. Optimalisasi dilakukan untuk mencari solusi yang terbaik dari berbagai masalah dipilih sesuai dengan kriteria. Yaitu dengan menganalisa optimalisasi kombinasi alat berat pada penggunaan excavator dan dumptruck dari segi waktu dan biaya pada Proyek Tol Pandaan-Malang. Kombinasi alat yang digunakan akan mempengaruhi lamanya waktu dan besarnya biaya yang dibutuhkan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analitis. Analisis data dengan merumuskan tujuan penelitian, menentukan rancangan dalam memilih unit dan teknik pengumpulan data, sumber data, analisis data dan menyusun tugas akhir. Analisa yang dilakukan yaitu perhitungan waktu siklus dan produktivitas pada tiap kombinasi excavator dan dumptruck yang ada di lapangan maupun teoritis, perhitungan jumlah alat yang akan digunakan, penjadwalan pekerjaan dalam menyelesaikan pekerjaan dan perhitungan biaya sewa alat berat. Dari analisa tersebut kemudian dipilih kombinasi yang paling optimal yang dapat digunakan di lapangan. Dari hasil analisis yang dilakukan, penggunaan alat berat yang dapat diterapkan di lapangan agar lebih optimal yaitu pada alternatif 2 dengan menggunakan 7 unit excavator 0,5 m³ dan 36 unit dumptruck 20 m³. Total waktu pengerjaan yaitu dalam waktu 338 hari dengan total biaya sebesar Rp. 86..868.566.462.

English Abstract

Highway construction Pandaan-Malang is a project that facilitate transportation in Java. It is important to increase the flow of traffic and beneficial to accelerate the economy, especially the city of Surabaya and Malang. This highway has a length of 38 km and constructed in section 1 (Pasuruan 14.5 km). In highway development projects require heavy equipment as a solution that can help in the process work development , especially on mechanical work. Field data that used as data are, time schedule, image of existing contour and travel route. In this research, the work that analyzed is soil excavation of quarry and transportation of the soil material. The scope of discussion is on the optimization of heavy equaipment. Optimization is used to find the best solution of the various problems selected according to the criteria. That is by analyzing the optimization of the combination of heavy equipment on the use of excavator and dumptruck in terms of time and cost at the Pandaan-Malang Highway Project. The combination of heavy equipments that is used will affect the length of time and the amount of cost required. The method is using analytical descriptive method. Analysis of data by formulating research objectives, determining the design in selecting units and techniques of data collection, data sources, data analysis and final project. The analysis is calculating the cycle time and productivity on each combination of excavator and dumptruck in field and theoretical, calculation in amount of equipment to be used, scheduling of work in completiting the work and calculation of heavy equipment rent cost. From the analysis then selected the most optimal combination that can be used in the field. From the results of analysis conducted, the use of heavy equipment that can be applied in the field to be more optimal that is by using 7 units of excavator 0.5 m³ and 67 units dumptruck 20 m³. Total processing time is within 338 days with total cost of Rp. 86.868.566.462.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/971/051708814
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Alat berat.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 625 Engineering of railroads and roads > 625.7 Roads
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/3028
Text
9. BAB I-PENDAHULUAN.pdf

Download | Preview
Text
10. BAB II- TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download | Preview
Text
11. BAB III-METODEOLOGI PENELITIAN.pdf

Download | Preview
Text
12. BAB IV-PEMBAHASAN.pdf

Download | Preview
Text
13. BAB V - PENUTUP.pdf

Download | Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download | Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item