BKG

Wibowo, Bagus Leksono (2017) Sistem Pengendalian Kecepatan Propeller pada Aplikasi Wind Tunnel Menggunakan Kontroler PID. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Pesawat tanpa awak umumnya pada kondisi planing sering mengalami masalah ketidakstabilan gerak, maka dari itu perlu diperhatikan faktor-faktor seperti konfigurasi sayap terhadap badan pesawat dan kecepatan aliran udara yang mempengaruhi gerak pesawat maupun gaya-gaya yang timbul lainnya. Pengendalian kecepatan aliran udara pada pesawat tanpa awak bertujuan untuk mengukur karakteristik aerodinamsi pada model pesawat fixed wing. Oleh karena itu efek angin yang bergerak perlu di analisis dengan cara mengatur putaran proppeller pada fan yang di gerakan menggunakan motor. Kecepatan aliran udara yang dihasilkan oleh perputaran proppeller dapat di deteksi menggunakan sensor yang dipasang di saluran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode tuning PID sebagai kontrol kecepatan proppeller agar keseluruhan sistem agar kembali dalam keadaan steady dan mampu memberikan respon sistem yang baik ketika terjadi gangguan. Pada pengujian menggunakan Kp=5,Ki=8,33,dan Kd=0,75 di dapatkan nilai time overshoot sebesar 3,2 detik, setling time 5,2 detik, overshoot 6,23% dan error sebesar 0,007% dengan recovery time 1400ms.

English Abstract

Unmanned aircraft generally in the condition of planing often experience the problem of motion instability, therefore it is necessary to consider factors such as wing configuration of airframe and airflow velocity affecting the motion of aircraft and other arising forces. Airflow velocity control on unmanned aircraft aims to measure aerodynamic characteristics in fixed wing aircraft models. Therefore the effect of moving winds needs to be analyzed by arranging the proppeller rotation on the fan in motion using the motor. The speed of the airflow generated by the proppeller rotation can be detected using sensors mounted on the channel. This research uses PID tuning method as proppeller speed control so that the whole system to return in steady state and able to give good system response when disturbance occurs. In the test using Kp = 5, Ki = 8.33, and Kd = 0.75 in get time overshoot value of 3.2 seconds, setling time 5.2 seconds, overshoot 6.23% and error of 0.007% with recovery time 1400 ms.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/871/051708714
Uncontrolled Keywords: Pesawat tanpa awak, proppeller, wind tunnel, PID
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 629 Other branches of engineering > 629.1 Aerospace engineering > 629.13 Aeronautics > 629.133 Aircraft types
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2870
Text
BAGUS LEKSONO WIBOWO.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item