BKG

Iswara, Ade Yudha (2017) Kajian Potensi Pengguna Jalan Tol Malang – Kepanjen. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Jumlah infrastruktur yang tidak bertambah menyebabkan sering terjadinya kemacetan pada ruas-ruas jalan di daerah Malang – Kepanjen. Kemacetan ini mengakibatkan pemborosan waktu dan materi, produktifitas industri semakin menurun dan biaya pengiriman barang semakin tinggi, sehingga harga barang semakin tinggi. Maka diperlukan pembangunan infrastruktur transportasi darat seperti jalan tol untuk dapat menanggulangi hal-hal tersebut. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui variabel-variabel yang mempengaruhi pengguna jalan eksisting agar mau berpindah ke jalan tol dan mengetahui potensi pengguna maupun tarif rencana jalan tol Malang – Kepanjen. Analisis potensi pengguna tol menggunakan metode Stated Preference. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa variabel yang mempengaruhi masyarakat untuk berpindah ke jalan tol yaitu tarif dan kemacetan atau kepadatan kondisi jalan (VCR). Apabila tarif tol berada di bawah angka Rp 1.000,00/km dan VCR diatas 0,5 maka potensi pengguna tol akan semakin meningkat, dan potensi pengguna tol akan mengalami penurunan bila tarif tol berada diatas Rp 600,00/km dan VCR dibawah 1. Potensi pengguna tol tertinggi untuk golongan I diperoleh pada saat tarif tol Rp 600,00/km dan VCR = 1,1 yaitu sebanyak 18.447 kendaraan/hari dengan persentase probabilitas berpindah sebesar 90.5%. Sedangkan untuk golongan II & III pada saat tarif tol Rp 900,00/km dan VCR = 1,1 yaitu sebanyak 4.180 kendaraan/hari dengan persentase probabilitas berpindah sebesar 89.2%. Penentuan tarif ideal ditetapkan dari tarif hasil analisis stated preference, sehinggs didapat hasil untuk kendaraan golongan I-V berturut-turut sebesar Rp 730,00/km, Rp 1.095,00/km, Rp 1.460,00/km, Rp 1.825,00/km, dan Rp 2.190,00/km.

English Abstract

The amount of infrastructure that does not increase causing traffic jam on the road segments in the area of Malang - Kepanjen. This traffic jam causes waste of time and material, industrial productivity decreases and freight cost is higher, so the price of goods is higher. It is necessary to develop land transportation infrastructure such as toll roads to be able to cope with these things. The purpose of this study to determine the variables that affect existing road users who want to move to the highway and look for potential users and tariff plans toll road Malang – Kepanjen. A study of Malang – Kepanjen toll road potential users using the method Stated Preference. Based on data analysis conducted, it can be concluded that the change of society to move to toll road is tariff and congestion or density of road condition (VCR). If the toll rates are below Rp 1,000.00/km and VCR above 0.5, the potential for toll users will increase, and decrease if the toll tariff is above Rp 600,00/km and VCR below 1. The highest toll road potential users for class I is obtained when the toll tariff is Rp 600,00/km and VCR = 1,1 is 18,447 vehicles/day with 90.5% probability of moving percentage. While for the class II & III at the toll tariff Rp 900.00/km and VCR = 1.1 is 4.180 vehicles/day with the percentage probability of moving by 89.2%. Ideal tariff determined by the tariff of the analysis results stated preference, so that the results obtained for the vehicle class I-V respectively are Rp 730,00/km, Rp 1,095,00/km, Rp 1,460,00/km, Rp 1,825,00/km, and Rp 2,190,00/km.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/916/051708759
Uncontrolled Keywords: Potensi Pengguna Tol, Stated Preference (SP), Volume Capacity Ratio (VCR), Tarif Tol
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 625 Engineering of railroads and roads > 625.7 Roads
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2759
Text
Ade Yudha Iswara.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item