BKG

Ashari, Rizki Ayu (2017) Implementasi Program Pendidikan Masyarakat (DIKMAS) Berbasis Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (Studi Pada Kelurahan Antirogo, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Pendidikan masyarakat merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat dalam rangka mengembangkan pola pikir masyarakat agar mempunyai sifat yang membangun. Hingga saat ini pendidikan harus selalu ditingkatkan agar dapat menciptakan pendidikan yang berkualitas. Melihat hal tersebut di Indonesia termasuk di Kelurahan Antirogo dinilai perlu meningkatkan pendidikan baik pendidikan formal maupun pendidikan non formal. Berdasarkan hal tersebut maka Dinas Pendidikan Kabupaten Jember melaksanakan program pendidikan masyarakat berbasis pemberdayaan ekonomi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program pendidikan masyarakat berbasis pemberdayaan ekonomi masyarakat serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian adalah Kelurahan Antirogo, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten jember. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi, wawancara dan observasi, instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri, pedoman wawancara, buku catatan, alat perekam dan kamera. Analisis data dalam penelitian ini adalah model interaktif Milles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program pendidikan masyarakat berbasis pemberdayaan ekonomi masyarakat mempunyai tiga program yaitu 1) pendidikan kursus dan pelatihan. 2) Pendidikan keaksaraan 3) pendidikan kesetaraan. Adanya pendidikan masyarakat tersebut, diharapkan masyarakat Kelurahan Antirogo dapat mengembangkan keterampilannya dan dapat menciptakan suatu kemandirian sehingga dapat menciptakan lapangan usaha baru. Peran adanya pemerintah daerah dan pengusaha sangat dibutuhkan dalam mengembangan produktivitas di Kelurahan Antirogo agar potensi lokal yang ada dapat dikembangkan. Hal ini merupakan salah satu tujuan dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. Faktor pendukung adalah Dukungan kelengkapan pendidikan, dukungan berbagai komponen masyarakat. Faktor penghambat antara lain keterbatasan anggaran, faktor ekonomi masyarakat serta kurangnya infrastrukur yang memadai. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti yaitu Dinas Pendidikan memberikan buku bacaan, tutor memberikan materi yang menarik, warga blajar meluangkan waktunya untuk mengikuti pendidikan masyarakat, membagi kegiatan pembelajaran menjadi bebarapa kelompok, mengatur jadwal sesuai dengan waktu senggang.

English Abstract

Community education is one of the community empowerment program in order to develop people's mindset in order to have constructive nature. Until now education should always be improved in order to create quality education. Seeing that in Indonesia, including in the Village Antirogo considered necessary to improve education both formal education and non-formal education. Based on this case, the Education Office of Jember Regency implemented community education program based on community economic empowerment. This research uses qualitative descriptive research. The location of this research is Village Antirogo, Sumbersari Sub-district, Jember Regency. Technique of data collecting is done by documentation method, interview and observation, instrument used is researcher self, interview guide, note book, recorder and camera. Datas analyzed used in this research is interactive models of Milles, Huberman and Saldana. The results showed that the implementation of community education programs based on community economic empowerment has three programs namely 1) education courses and training. 2) Literacy education 3) equality education. The existence of community education, it is expected that the people of Antirogo Urban village can develop their skills and can create an independence so as to create new business field. The role of local government and entrepreneurs is needed in developing productivity in Antirogo Urban village so that local potential can be developed. This is one of the goals in the economic empowerment of society. Supporting factors are support of education equipment, support of various components of society. Inhibiting factors include budget constraints, economic factors and lack of adequate infrastructure. Suggestions that can be given by the researcher is the Education Office provides reading books, tutors provide interesting material, residents learn to take time to follow community education, divide learning activities into several groups, arrange schedules in accordance with leisure time.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/734/051708421
Uncontrolled Keywords: Implementasi program, Pendidikan Masyarakat, Pemberdayaan masyarakat
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.1 Jurisdictional levels of administration > 352.17 Rural administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2756
Text
Rizki Ayu Ashari.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item