BKG

El Aufar, Hadyan (2017) Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Niat Berperilaku Pengguna Dalam Bertransaksi Pada Online Travel Agent XYZ. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

E-Commerce adalah semua media pertukaran informasi secara elektronik yang menghubungkan antara organisasi dengan stakeholder eksternal (Dave, 2011). Sejak didirikan pada tahun 2012, Online Travel Agent XYZ mengalami beberapa kasus cyber crime yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Contohnya adalah pencurian infomasi kartu kredit yang menimpa seorang travel blogger dan proses refund tiket yang dilakukan oleh pihak yang tidak diketahui. Pada penelitian kali ini, peneliti melakukan sebuah pengujian dengan metode analisis regresi linear berganda untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang memengaruhi niat berperilaku pengguna dalam bertransaksi pada Online Travel Agent XYZ. Dengan menggabungkan beberapa model yaitu User Acceptance of Information Technology (UTAUT), Internet Users’s Information Privacy Concerns (IUIPC), serta menambahkan faktor, privasi, keamanan, dan kepercayaan ke dalam penelitian ini. Variabel yang membangun model pada penelitian ini antara lain adalah: ekspetasi kinerja, ekspetasi usaha, pengaruh lingkungan, fasilitas yang mendukung, pengendalian, kesadaran, pengumpulan, paham resiko, privasi, keamanan dan kepercayaan. Pengumpulan sampel data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian memperlihatkan bahwa faktor-faktor yang memengaruhi niat berperilaku pengguna adalah kepercayaan, ekspektasi kinerja, dan pengaruh lingkungan.

English Abstract

E-Commerce is all electronic information media that connects between organizations with external stakeholders (Dave, 2011). Since its inception in 2012, Online Travel Agent XYZ experienced several cases of cyber crimes committed by irresponsible people. An example is the theft of credit card information that befell a travel blogger and a ticket refund process by an unknown party. In this study, researchers conducted a test with multiple linear regression analysis method to determine what factors that affect the users’s behavioral intention in transacting on Online Travel Agent XYZ. By using several models namely User Acceptance of Information Technology (UTAUT), User Information Internet Privacy Concern (IUIPC), and addition factor, privacy, security, and trust into this research. Variables that build the model in this study include: performance expectancy, effort expectancy, social influences, facilitating condition, control, awareness, privacy, security and trust. Data collection was done by distributing questionnaires and analyzed using multiple linear regression analysis. The results of the research which are the factors influencing the users’s behavioral intention are trust, performance expectancy, and social influence.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2017/441/051707763
Uncontrolled Keywords: E-commerce, Cyber Crime, UTAUT, IUIPC, Regresi Linear Berganda
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.019 Psychological principles
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Yusuf Dwi N.
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2647
Text
Hadyan El Aufar.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item