BKG

Karima, Annisa (2017) Pemakaian Wakamono Kotoba oleh Pelajar Indonesia di Jepang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Saat ini banyak pelajar Indonesia yang memperoleh kesempatan belajar di Jepang. Pelajar-pelajar tersebut tidak hanya akan bersentuhan langsung dengan bahasa Jepang umum atau bahasa Jepang standar, tetapi juga akan bersentuhan dengan berbagai ragam bahasa Jepang lain. Salah satunya adalah wakamono kotoba. Pada skripsi ini akan dibahas mengenai pemakaian dari wakamono kotoba oleh pelajar Indonesia di Jepang. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pemakaian wakamono kotoba oleh pelajar Indonesia di Jepang, (2) untuk mengetahui wakamono kotoba yang populer di kalangan pelajar Indonesia di Jepang, (3) untuk mengetahui proses pembentukan wakamono kotoba yang populer di kalangan pelajar Indonesia di Jepang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan didukung data kuantitatif melalui angket. Data yang diteliti adalah data angket 56 responden mengenai pemakaian wakamono kotoba. Analisis yang digunakan adalah dengan melakukan penghitungan pada data angket, mendeskripsikan, dan membuat kesimpulan hasil analisis. Hasil analisis yang dilakukan oleh penulis menunjukkan bahwa pemakaian wakamono kotoba oleh pelajar Indonesia secara keseluruhan masih sangat rendah. Namun terdapat beberapa kata yang populer di kalangan pelajar Indonesia di Jepang. Wakamono kotoba yang populer tersebut adalah yabai, ikemen, maji, makku/makudo, dan kimoi. Proses pembentukan wakamono kotoba yang terjadi pada wakamono kotoba yang populer di kalangan pelajar Indonesia di Jepang yaitu mengalami pembentukan penyingkatan (dengan melepas suku kata akhir, melepas akhir kata majemuk pertama dan awal kata majemuk kedua, dan melepas hanya pada akhir kata majemuk pertama), serta pembentukan kata berupa perluasan makna konvensional. Untuk penelitian selanjutnya penulis menyarankan agar dapat memperluas ruang lingkup penelitian, misalnya meneliti perbandingan pemakaian wakamono kotoba yang digunakan di daerah satu dengan daerah lain.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/303/051704993
Uncontrolled Keywords: wakamono, wakamono kotoba
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese > 495.67 Japanese (Historical and geographic variations, modern nongeographic variations)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/258
Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAGIAN DEPAN (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item