BKG

Abhariyah, Mas Nayyirotul (2017) Ayat-Ayat Komunikasi (Studi Deskripsi Kualitatif Etika Berkomunikasi Dalam Al-Qur’an. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis bahwa firman Allah dalam Al-Qur’an dapat dijadikan sumber untuk mengatasi kerumitan dalam praktik komunikasi yang buruk. Fokus penelitian ini adalah mengenai bagaimana etika berkomunikasi yang baik dan benar demi dapat memperbaiki disfungsi komunikasi. Salah satu keistimewaan yang diberikan oleh Allah Swt kepada manusia adalah kemampuan berkomunikasi. Kemampuan berkomunikasi yang baik dan benar dapat menjadi jalan untuk mengantarkan seseorang dalam kebaikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskripsi kualitatif. Djam’an Satori (2011, h.23) mengungkapkan bahwa penelitian kualitatif dilakukan karena peneliti ingin mengeksplor fenomena-fenomena yang tidak dapat dikuantifikasikan yang bersifat deskriptif seperti proses suatu langkah kerja, formula suatu resep, pengertian-pengertian tentang suatu konsep yang beragam, karakteristik suatu barang dan jasa, gambar-gambar, gaya-gaya, tata cara suatu budaya,, model fisik suatu artifak dan lain sebagainya. Penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman dalam Sugiyono (2014, h.247), yang diantaranya ialah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan data bahwa terdapat banyak sekali kata komunikasi di dalam Al-Quran, kata komunikasi di dalam Al-Quran disebut dengan “qoulan” yang artinya “perkataan atau ucapan”. Al-Quran menganjurkan untuk dapat menerapkan etika komunikasi dengan baik melalui komunikasi verbal yang dikategorikan dalam sembilan macam yaitu : qoulan sadidan, qoulan ma’rufan, qoulan baligha, qoulan maysuron, qoulan karima, qoulan layyinan, qoulan tsaqilan, qoulanadziman, dan ahsanu qoulan. Serta terdapat ayat tentang metode menyampaikan pesan yaitu hiwar, jidal, bayan, tadzkir, tabligh, tabsyir, indzar, ta’aruf, dan tawashi. Selain itu juga terdapat ayat-ayat kekuatan pesan yaitu naba’, khabar, dan hadis. Serta fungsi komunikasi islam yang terbagi menjadi delapan yaitu fungsi informasi, meyakinkan, mengingatkan, memotivasi, sosialisasi, bimbingan, kepuasan spiritual, dan fungsi hiburan.

English Abstract

This study aims to know and analyze that the word of God in the Qur'an can be used as a source to overcome the complexity in poor communication practices. The focus of this study is on how to communicate ethics is good and correct in order to improve communication dysfunction. One of the privileges given by Allah to man is the ability to communicate. Good communication skills and correctness can be a way to bring someone in goodness. The type of research used is qualitative description. Djam'an Satori (2011, p.23) reveals that qualitative research is conducted because researchers want to explore descriptive non-quantifiable phenomena such as the process of a work step, the formula of a recipe, notions of a variety of concepts, characteristics A goods and services, drawings, styles, ordinances of a culture, physical model of an artifact and so forth. This research uses Miles and Huberman model in Sugiyono (2014, p.247), which is data reduction, data presentation, conclusion and verification. The results of this study show data that there are so many words of communication in the Qur'an, the word communication in the Qur'an is called "qoulan" which means "word or speech". The Qur'an recommends to apply good communication ethics through verbal communication categorized in nine kinds: qoulan sadidan, qoulan ma'rufan, qoulan baligha, qoulan maysuron, qoulan karima, qoulan layyinan, qoulan tsaqilan, qoulanadziman, and ahsanu Qoulan. And there is a verse about the method of delivering a message that is hiwar, jidal, bayan, tadzkir, tabligh, tabsyir, indzar, ta'aruf, and tawashi. There are also verses of the power of the message that is naba ', khabar, and hadith. And the function of Islamic communication is divided into eight namely the function of information, convincing, reminding, motivating, socializing, guidance, spiritual satisfaction, and entertainment functions.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/590/051706678
Uncontrolled Keywords: Ayat-ayat Komunikasi, Etika Komunikasi, Perspektif Islam
Subjects: 200 Religion > 205 Religious ethics > 205.6 Specific moral issues, sins, vices, virtues > 205.65 Communication religion
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Kustati
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2185
Text
Mas Nayyirotul Abhariyah.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item