Pengaruh Motivasi Pelayanan Publik Terhadap Kinerja Pegawai Pemerintah (Studi Pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bekasi)

Nofriyando, Fauzi Dwi and Dr. Hermawan,, S.IP., M.Si and Nana Abdul Aziz,, S.AP., M.AP (2021) Pengaruh Motivasi Pelayanan Publik Terhadap Kinerja Pegawai Pemerintah (Studi Pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bekasi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kinerja Aparatur Sipil Negara masih menjadi catatan besar, Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) mengungkapkan, ada 30% atau sekitar 1,35 juta Pegawai Negeri Sipil yang kinerja nya tergolong buruk. Untuk itu perlu adanya motivasi pelayanan publik yang baik dalam diri PNS guna meningkatkan kinerjanya. Dipilihnya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bekasi karena sebagai penyelenggara pelayanan maupun perizinan di Kota Bekasi sebagai salah satu kota industri terbesar di Indonesia. Gomes ( 2003, 179) “Pegawai yang bermotivasi adalah pegawai yang prilakunya diarahkah kepada tujuan organisasi dan aktivitasaktivitasnya tidak mudah terganggu oleh gangguan-gangguan kecil”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan apakah Motivasi Pelayanan Publik secara parsial berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Penelitian ini mengambil lokasi di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu satu Pintu Kota bekasi ini berusaha menganalisis bagaimana pengaruh motivasi pelayanan publik terhadap kinerja para pegawai. Penelitian ini menggunakan analisis linear sederhana. Sampel dalam penelitian ini adalah pegawai negeri sipil Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu satu Pintu Kota bekasi yang berjumlah 75 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Motivasi Pelayanan Publik berpengaruh positif terhadap Kinerja Pegawai. Jadi kinerja dan sikap samasama berpengaruh positif terhadap produktivitas pegawai DPMPTSP Kota Bekasi .Kontribusi yang diberikan oleh Motivasi Pelayanan Publik terhadap Kinerja Pegawai memiliki pengaruh sebesar 40% dan sisanya 60 % yang ditentukan oleh faktor lain.

English Abstract

The performance of State Civil Servants is still a big record, the Ministry of Administrative Reform and Bureaucratic Reform (Kemenpan-RB) revealed, there are 30% or around 1.35 million Civil Servants whose performance is classified as poor. For this reason, it is necessary to have good public service motivation in civil servants in order to improve their performance. The Bekasi City Investment and One Stop Integrated Service Office was chosen because it is the provider of services and licensing in Bekasi City as one of the largest industrial cities in Indonesia. Gomes ( 2003, 179) “Motivated employees are employees whose behavior is directed at organizational goals and whose activities are not easily distracted by minor annoyances”. This study aims to determine, analyze, and describe whether Public Service Motivation partially affects employee performance. This research took place in the Investment and One Door Integrated Services Office of Bekasi City. It tries to analyze how the influence of public service motivation on the performance of employees. This research uses simple linear analysis. The sample in this study were 75 civil servants at the Investment and One Door Integrated Service Office of Bekasi City. The data collection technique used a questionnaire. Based on the results of hypothesis testing, it shows that public service motivation has a positive effect on employee performance. So performance and attitudes both have a positive effect on employee productivity DPMPTSP Bekasi City. The contribution made by Public Service Motivation to Employee Performance has an influence of 40.% and the remaining 60% which is determined by other factors.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521030102
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Motivasi, Motivasi Pelayanan Publik, Kinerja, Dinas Penanaman Modal dan Pelapayanan Terpadu Satu Pintu.,Influence,Motivation, Public Service Motivation, Performance, the Investment and One Door Integrated Service Office
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 03 Feb 2022 01:29
Last Modified: 24 Feb 2022 01:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189197
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
- Fauzi Dwi Nofriyando.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item