Analisis Kesediaan Membayar (Willingness To Pay) Konsumen Terhadap Sayuran Organik Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Batam

Surbakti, Roby Ardiansyah and Dr. Fahriyah ,, SP.,M.Si. and Putri Budi Setyowati,, SP.,M.Sc. (2021) Analisis Kesediaan Membayar (Willingness To Pay) Konsumen Terhadap Sayuran Organik Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Batam. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pentingnya mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak terus dihimbau kepada masyarakat agar dapat terhindar dari COVID-19. Masyarakat juga perlu menjaga kesehatan tubuhnya dengan baik seperti menerapkan pola hidup sehat sehingga memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik dengan mengonsumsi produk organik yang diproduksi tanpa bahan kimia berbahaya sehingga menyehatkan untuk dikonsumsi dan aman bagi lingkungan sekitar. Sayur merupakan cara yang paling mudah dan murah dalam memenuhi asupan gizi tubuh. Namun, sayur organik biasanya memiliki nilai jual/harga yang lebih tinggi sehingga sering menjadi kendala yang sering dijumpai karena tentu mempengaruhi keputusan pembelian masyarakat. Walaupun demikian, ketika konsumen menyadari manfaat dari mengonsumsi sayuran organik maka konsumen akan mengambil keputusan untuk membeli dan mengonsumsi sayuran organik. Mengonsumsi sayuran organik memungkinkan standar hidup sehat masyarakat meningkat terlebih pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya nilai rata-rata Willingness To Pay konsumen sayuran organik pada masa pandemi COVID-19 di Kota Batam serta faktor-faktor apa yang mempengaruhinya. Penelitian ini dilaksanakan pada 18 Mei-4 Juni 2021. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penentuan lokasi secara sengaja. Jumlah responden yaitu 100 orang dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel secara kebetulan (accidental sampling). Data responden diperoleh melalui wawancara menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan yaitu CVM untuk mengetahui nilai WTP dan analisis regresi logistik untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi WTP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata WTP konsumen sayuran organik pada masa pandemi COVID-19 di Kota Batam yang diperoleh yaitu sebesar Rp13.160,- atau meningkat 31,6% dari harga jual yaitu Rp10.000,00 per 200 gram. Sedangkan dari 9 variabel yang diuji, analisis regresi logistik menunjukkan bahwa terdapat 4 faktor yang mempengaruhi kesediaan membayar konsumen sayuran organik di Kota Batam. Tiga diantaranya berpengaruh positif yaitu pendapatan (taraf kepercayaan 94%), kesesuaian harga produk (taraf kepercayaan 89,5%) dan kepedulian (taraf kepercayaan 99,8%) sedangkan pengetahuan (taraf kepercayaan 85%) berpengaruh negatif.

English Abstract

The importance of complying with health protocols such as wearing masks, washing hands and keeping a distance is continuously urged to the public so that they can avoid the COVID-19. People also need to maintain good body health such as implementing a healthy lifestyle so that they have a good immune system by consuming organic products that are produced without harmful chemicals so that they are healthy for consumption and safe for the surrounding environment. Vegetables are the easiest and cheapest way to meet the body's nutritional intake. However, organic vegetables usually have a higher selling price/price, so they are often an obstacle that is often encountered because it certainly affects people's purchasing decisions. However, when consumers realize the benefits of consuming organic vegetables, consumers will make decisions to buy and consume organic vegetables. Consuming organic vegetables allows people's healthy living standards to increase especially during the COVID-19 pandemic. This study aims to determine the average Willingness To Pay value of organic vegetable consumers during the COVID-19 pandemic in Batam City and what factors influence it. This research was conducted on 18 May-4 June 2021. This research approach uses a quantitative approach with a deliberate determination of the location. The number of respondents, namely 100 people, was selected using a random sampling technique. Respondent data obtained through interviews using a questionnaire. The analysis used is CVM to determine the value of WTP and logistic regression analysis to determine the factors that affect WTP. The results showed that the average WTP value of organic vegetable consumers during the COVID-19 pandemic in Batam City was Rp. 13,160, - or an increase of 31.6% from the selling price, which was Rp. 10,000,00/200 grams. Meanwhile, of the 9 variables tested, logistic regression analysis shows that there are 4 factors that influence the willingness to pay for organic vegetables consumers in Batam City. Three of them have a positive effect, namely income (94 percent confidence level), product price suitability (89.5% confidence level) and concern (99.8% confidence level) while knowledge (85% confidence level) has a negative effect.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040106
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 31 Jan 2022 06:06
Last Modified: 24 Feb 2022 04:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189135
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
175040101111044 - Roby Surbakti.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item