Pengaruh Atribut Produk Pesenkopi Terhadap Keputusan Pembelian Di Kota Malang

Hasibuan, Diana Yolandasari and Dr. Dwi RetnoAndriani,, S,P, M.P and Neza Fadia Rayesa,, S.Tp, M.Sc (2021) Pengaruh Atribut Produk Pesenkopi Terhadap Keputusan Pembelian Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertumbuhan bisnis yang sangat cepat mendorong perusahaan untuk berkompetisi dalam setiap aktivitas perusahaan termasuk dalam bidang kuliner. Untuk menghadapi persaingan yang ketat di dunia usaha diperlukan kejelian dalam melihat peluang. Salah satunya adalah usaha minuman olahan kopi. Perkembangan kopi yang pesat membuat konsumsi produk olahan kopi ini sudah menjadi kebiasaan dari budaya masyarakat pedesaan maupun perkotaan. Seiring dengan semakin meningkatnya konsumsi kopi, banyak juga kedai yang terus bermunculan. Peningkatan jumlah kedai kopi selain disebabkan oleh kebutuhan, juga disebabkan oleh adanya persepsi konsumen yang menjadikan minum kopi sebagai gaya hidup. Di tengah pertumbuhan kedai kopi yang meningkat, pada bulan Maret 2020, terjadi sebuah pandemi global yang menimpa Indonesia dan membuat pengusaha, terkhususnya, harus lebih memutar otak dalam mencari cara untuk mempertahankan usahanya, dan juga mendapatkan profit dikarenakan pandemi COVID-19 yang terjadi ini memiliki banyak dampak terhadap perekonomian di Indonesia yang berimbas kepada daya beli dari masyarakat itu sendiri. Fenomena peningkatan konsumsi kopi dan jumlah kedai kopi serta pandemi COVID-19 menjadi perhatian penting bagi setiap pengusaha kedai kopi dimana mereka harus mampu menghadapi persaingan dalam pasar agar tetap berjaya dan tidak tenggelam diantara pesaing lainnya. Satu strategi yang dapat dilakukan adalah strategi pemasaran. Produk merupakan salah satu komponen dari bauran pemasaran merupakan titik pusat dari kegiatan pemasaran karena produk merupakan hasil dari suatu perusahaan untuk mencapai tujuan dari perusahaannya. Untuk membedakan satu produk dengan produk lainnya maka diperlukan atribut produk. Dalam usaha kedai kopi, menurut Samoggia & Riedel (2018), terdapat beberapa kunci dalam atribut kopi yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen yaitu harga, jenis atau variasi produk kopi dan atribut intrinsik (rasa) serta atribut ekstrinsik (merek dan kemasan). Pemilihan sampel pada penelitian ini dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Data responden diperoleh menggunakan kuesioner online. Data skala berupa skala likert dari masing-masing indikator variabel. Pengujian instrumen penelitian dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Uji asumsi klasik dilakukan dengan uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heterokedastisitas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji regresi linear berganda berupa uji t, uji f serta uji koefisien determinasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat beberapa atribut produk yang berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian seperti harga, variasi produk, cita rasa, dan merek. Namun, terdapat satu variabel yang berpengaruh parsial namun tidak signifikan yaitu kemasan. Variabel yang paling berpengaruh adalah variasi produk. Kesimpulan berikutnya dari penelitian ini adalah seluruh atribut produk (harga, variasi produk, cita rasa, dan merek.) secara bersama-sama berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan uji R2, keseluruhan atribut produk mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 75,8%.

English Abstract

The rapid growth of the business encourages the company to compete in every activity including in the culinary. To face the fierce competition, the enterpreneurs has to be observant in seeing the opportunities. One of them is processed coffee drinks business. The rapid development of coffee makes the consumption of processed coffee products has become a habit of rural and urban culture. Along with the increasing consumption of coffee, many shops are also constantly popping up. The increase in the number of coffee shops is not only due to the need, it is also caused by the perception of consumers who make drinking coffee as a lifestyle. In the midst of the increasing growth of coffee shops, in March 2020, there was a global pandemic that hit Indonesia and made entrepreneurs, especially, have to turn their brains in finding ways to maintain their business, and also gain profit because of the COVID-19 pandemic that occurred has a lot of impact on the economy in Indonesia and absolutely impacts the purchasing power of the community itself. The phenomenon of increased coffee consumption and the number of coffee shops and also the COVID-19 pandemic have to be the important concerns for every coffee shop entrepreneur where they must be able to face competition in the market in order to remain successful and not beaten by the other competitors. One strategy that can be a solution is a marketing strategy. Product is one component of the marketing mix. It is the focal point of marketing activities because the product is the result of a company to achieve their goals. Product attributes are required to distinguish one product from another. In the coffee shop business, according to Samoggia & Riedel (2018), there are several keys in coffee attributes that can influence consumer behavior, such as price, variation of coffee products, intrinsic attributes (taste) and extrinsic attributes (brand and packaging). The sample selection in this study has done by using purposive sampling techniques. Respondent data were obtained using an online questionnaire. The scale data in the form using likert scale for each indicator. The research instrument was tested by using validity and reliability tests. The classical assumption test is done by normality test, multicollinearity test and heteroscedasticity test. Hypothesis testing is done by multiple linear regression tests in the form of t test and f test and also determination test. The conclusion of this study are there are several product attributes that partially affect purchasing decisions such as price, product variation, taste, and brand. However, there is one variable affect by partial analysis but not signifficantly. It is the packaging. The most influential variable is product variation. Based on the R2 test, all product attributes affect purchasing decisions by 75,8%.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040082
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 28 Jan 2022 03:14
Last Modified: 03 Oct 2024 03:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189066
[thumbnail of Diana Hasibuan.pdf] Text
Diana Hasibuan.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item